Mau Buka Usaha atau Mengembangkan Usaha? Bunga KUR Sudah Turun Lho (5/1/2018, 16.10)

ilustrasi (ppmkp.bppsdmp.pertanian.go.id)ilustrasi (ppmkp.bppsdmp.pertanian.go.id)

Pantau.com Pemerintah menargetkan dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp120 triliun. Berbeda dari tahun sebelumnya, tingkat suku bunga KUR mulai 1 Januari 2018 turun menjadi 7% dari sebelumnya 9% pada tahun lalu.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan selain memberikan dukungan permodalan, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM juga memberikan penguatan UKM baik per orangan maupun yang tergabung dalam koperasi, dari sisi manajerial. “Jangan sampai dia dapat duit buat beli sepeda motor itu konsumtif kemudian jangan sampai biaya rumah tangga digabung dengan usaha supaya manajamen jelas,” katanya.

Sementara itu pada tahun lalu, per 31 Desember 2017, pemerintah mengucurkan KUR sebesar Rp95,56 triliun. Dana tersebut dibagi dalam tiga pembagian debitur; KUR mikro sebanyak 3.827.564 debitur disusul KUR ritel (199.818 debitur), dam KUR P-TKI (21.543 debitur). KUR bisa diperoleh di bank umum nasional, bank pembangunan daerah, lembaga keuangan nonbank, dan koperasi.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti