Millennial Banget! Sri Mulyani Bicara Teknologi ‘Zaman Now’

Headline
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Pantau.com/Ratih Prastika)Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal perkembangan teknologi saat ini. Ia menilai, teknologi banyak memberikan perubahan yang sangat signifikan terutama oleh generasi millennial. 

“Kita terus meningkatkan kinerja millennial. Saya diajak Melinda Gates (istri Bill Gates), untuk melihat teknologi untuk negara berkembang. Teknologi mengubah secara radikal,” ujar Sri Mulyani saat memberikan keynote speech dalam acara “Mandiri Investment Forum 2018”, Rabu (7/2/2018)

Dalam pindatonya, Ia mengatakan tantangan teknologi hadir bersamaan dengan tumbuhnya generasi millennial. 

“Isu penting untuk degenerasi yang akan muncul, kita harus bisa menerima adanya kemajuan blokchain, cryptocurrency. Teknologi memiliki banyak peluang bersamaan dengan tantangannya,” ucap wanita kelahiran Lampung 55 tahun silam itu.

Ia menyebutkan, beberapa perusahaan berkembang pesat dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi seperti Gojek, Airbnb hingga Instagram.

“Gojek perusahaan transportasi yang tidak punya kendaraan sama sekali. Airbnb tidak punya properti sama sekali bisa berkembang dengan teknologi,” kata Sri Mulyani. Sementara itu Instagram, kata Sri Mulyani bahkan tidak memiliki fotografer tapi memiliki banyak foto. 

“Di Instagram bisa lihat saya selfie. Ada berjuta gambar tapi (Instagram) tidak memiliki fotografer karena setiap orang adalah fotografer bagi dirinya sendiri. Ini dampak dari munculnya beberapa teknologi,” papar Sri Mulyani.

Ia berharap, kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk perkembangan ekonomi di Indonesia termasuk dimanfaatkan dalam pengelolaan keuangan. “Harus siap ini, (perkembangan teknologi) momentum yang harus kita lakukan,” imbuhnya.

Tim Pantau