Pantau Flash
KSAD Andika Perkasa: Klaster COVID-19 Secupa AD dari Ketidaksengajaan
Ada 1.671 Kasus Baru di RI, Total Infeski COVID-19 Capai 74.018
Polda Metro Sebut Editor Metro TV Yodi Prabowo Tewas Dibunuh
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba ke MK
Euforia Turki Resmikan Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

Mobil Esemka Diungkit Lagi, Jokowi: Tidak Ada Urusan Pemerintah

Headline
Mobil Esemka Diungkit Lagi, Jokowi: Tidak Ada Urusan Pemerintah Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kiri) meninjau Trade Expo Indonesia (Foto: Antara/Puspa Perwitasarintara)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembuatan mobil Esemka dikerjakan oleh industri yang didirikan oleh swasta.

"Itu urusan orang industri. Urusan saya urusan apa dengan produksi Esemka. Tidak ada urusan pemerintah," kata Presiden Jokowi usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-33 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Bsnten, Rabu (24/10/2018).

Menurut Jokowi, pada saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah, dirinya mendorong mobil kreasi anak-anak SMK yang dibantu oleh teknisi perusahaan besar.

Baca juga: Tanpa Kenaikan Suku Bunga Acuan, Rupiah Pagi Ini Justru Menguat

Pemerintah terus mendorong produk lokal, seperti mobil Esemka, untuk maju dengan uji emisi dan uji laik jalan.

"Tugas pemerintah hanya itu. Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri, mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kita lagi," jelasnya.

Kendati demikian, jika produksi mobil Esemka jadi diresmikan, dirinya bersedia datang karena merupakan merek dan karya anak bangsa.

Baca juga: Jangan Nekad! Pengiriman TKI Perseorangan Tetap Dilarang

Perkembangan pabrik mobil Esemka sudah mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe dan Sertifikat Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan.

Perlu diketahui bahwa pabrik mobil Esemka didirikan di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, dan memproduksi salah satu jenis kendaraan yakni pick up.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: