Pantau Flash
MPU: Hoax Itu adalah Dosa Besar!
7 Siswa Lemdikpol Polri di Sukabumi Dinyatakan Positif Korona
Pesawat Lionair Misi Medis Meledak di Filipina, Seluruh Penumpang Tewas
Olimpiade Ditunda, Jepang Pertanyakan Siapa yang Akan Bayar Tagihan
Bogor Siapkan Dua Skenario Lockdown Berkaca dari DKI Jakarta

Modal Asing yang Masuk Indonesia hingga Juli Tercatat Rp192,5 Triliun

Modal Asing yang Masuk Indonesia hingga Juli Tercatat Rp192,5 Triliun Bank Indonesia (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadila)

Pantau.com - Bank Indonesia melaporkan bahwa hingga 25 Juli 2019, aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sebesar Rp192,5 triliun, yang menunjukkan iklim investasi di Indonesia tetap dalam tren positif.

"Aliran modal asing masuk sampai tanggal 25 Juli totalnya adalah Rp192,5 triliun," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Perry menuturkan aliran modal asing tersebut masuk melalui dua instrumen, yakni Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp119,3 triliun dan saham sebesar Rp72,2 triliun.

Baca juga: Niat Ngutang Online? Begini Agar Hidupmu Terjamin Keamanannya

Menurut Perry, kian derasnya aliran modal asing yang masuk menunjukkan bahwa investor masih menaruh kepercayaan terhadap prospek ekonomi di dalam negeri.

"Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap prospek ekonomi Indonesia terhadap respon yang ditempuh oleh otoritas baik pemerintah melalui usaha OJK (Otoritas Jasa Keuangan), juga terkait imbal hasil yang menarik di Indonesia," ujar Perry.

Baca juga: Miris! Ini 3 Fakta YI yang Terjerat Pinjaman Online hingga Fotonya Disebar

Akibat derasnya modal asing yang masuk, suplai valas semakin memadai sehingga stabilitas nilai tukar rupiah di pasar tetap terjaga.

"Saya kira nilai tukar masih bergerak stabil, faktor-faktor aliran modal asing, sebagai faktor-faktor yang positif," kata dia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: