Pemerintah Putuskan Bakal Impor Garam Industri, Seberapa Banyak?

Headline
Menko Darmin Nasution. (Pantau.com/Ratih)Menko Darmin Nasution. (Pantau.com/Ratih)

Pantau.com Rapat koordinasi terbatas (Rakortas) yang dipimpin Menteri Koordinasi Perekonomian Darmin Nasution pada hari ini, Jumat (19/1/2018), memutuskan pemerintah tahun ini bakal mengimpor garam industri sebanyak 3,7 juta ton.

Dalam rapat, Menko Darmin mengatakan sempat terjadi perbedaan jumlah angka beras. Kementerian Perindustrian menyampaikan kebutuhan garam industri mencapai 3,7 juta tapi di sisi lain, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut cukup 2,2 juta ton. 

Namun demikian, pada akhirnya Darmin mengatakan besaran kebutuhan garam yang bakal diimpor berdasarkan apa yang direkomendasikan Kementerian Perindustrian. Ia mengatakan tercatat lebih dari 100 peindustrian yang membutuhkan garam. 

Besarnya jumlah impor garam yang akan dilakukan pemerintah, kata Darmin sesuai kebutuhan sektor industri. “Ya iyalah, perindustrian ada yang mau ekspansi, ada yang mau ekspor,” kata Darmin.

Darmin memastikan impor garam yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan garam bagi industri bukan untuk konsumsi konsumsi atau rumah tangga. “Engga lah (kalau kebutuhan rumah tangga) sama sekali tidak mengatur itu. Masa garam dapur kita mau atur yang benar aja,” kata Darmin.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti