Pemuda Tani Indonesia Ajak Kaum Milenial Kembangkan Sektor Pertanian

Headline
Budisatrio DjiwandonoKetua Umum Pemuda Tani Indonesia (PTI) Budisatrio Djiwandono. (foto: Aditya Andreas/pantau.com)

Pantau – Pemuda Tani Indonesia (PTI) menggelar rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 di Jakarta. Sejumlah produksi pangan dari para petani muda dipamerkan dalam acara yang berlangsung di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

Ketua Umum PTI, Budisatrio Djiwandono menyatakan, PTI berkomitmen untuk memberi ruang bagi para anak-anak muda untuk mengembangkan sektor pertanian.

Hal ini, lanjutnya, mengingat adanya ancaman krisis pangan yang diprediksi akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

“Langkah konkretnya, kita harus memberikan ruang bagi anak-anak muda yang selama ini sudah menekuni dunia pertanian agar kita gaungkan lebih besar lagi,” terang Budisatrio kepada wartawan.

Budisatrio mengatakan, PTI juga telah memberi support berupa pendampingan dan pembimbingan sehingga  memunculkan duta pemuda tani yang akan menginspirasi kalangan anak muda.

“Supaya anak-anak muda yang lain berpikir, ‘Wah, ternyata bertani asyik juga, keren juga, dan menguntungkan juga. Kalau ini bisa kita sematkan, mereka akan terbuka untuk mulai belajar,” imbuhnya.

Ia mencontohkan, dalam acara pameran tersebut, ada tiga perusahaan rintisan (startup) yang memperkenalkan teknologi baru dalam bidang pertanian. Salah satunya, teknologi yang mampu membaca unsur hara dalam tanah melalui sensor.

“Ini sangat berguna bagi para petani baru agar tidak menghambur-hamburkan pupuk yang sekarang cukup mahal,” tutup Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini.

Tim Pantau
Reporter
Aditya Andreas
Penulis
Aditya Andreas