Pengamat Ekonomi Peringatkan Pemprov DKI Soal DP 0 Persen, Kenapa?

Headline
Ground breaking pembangunan hunian DP nol rupiah. (dok.@aniesbaswedan)Ground breaking pembangunan hunian DP nol rupiah. ([email protected])

Pantau.com Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus memastikan program hunian DP 0 rupiah tepat sasaran. “Pertama adalah siapa yang nanti bisa mengakses fasilitas rumah murah itu. Jangan sampai nanti dibeli lagi oleh orang-orang yang hanya untuk investasi,” ujar Enny saat dihubungi Pantau.com, Jumat (19/1/2018).

Pengamat Ekonomi Enny menilai hal ini cukup penting karena program DP 0 persen  dikhawatirkan program ini tidak sampai kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Jika hal tersebut berjalan, dapat dipastikan kalau tujuan program berjalan baik. 

“Hanya yang krusialnya adalah bagaimana program ini nanti tidak tepat sasaran. Artinya, yang bisa akses benar-benar masyarakat berpenghasilan rendah nah selama ini belum punya rumah dan kalau ini tidak difasilitasi pemerintah sampai kapan pun masyarakat berpenghasilan rendah tidak akan bisa mempunyai rumah,” papar Enny.

Enny mengatakan jika hal tersebut sampai terjadi maka program Gubernur Anies Baswedan tersebut tidak akan pernah tepat sasaran padahal tujuannya untuk menolong masyarakat berpenghasilan rendah. 

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti