Pantau Flash
Harga Emas Antam Turun Jadi Rp931.000 per Gram
Mendes PDTT Perbolehkan Dana Desa untuk Bangun Pos Jaga di Gerbang Desa
Rupiah Terkoreksi Melemah di Awal Pekan, Rp16.500 per Dolar
Kasus Positif Korona di Jakarta Tembus 1.000, 126 Orang Tercatat Meninggal
Kasus Pertama! Harimau di Kebun Binatang New York Positif Korona

Penyaluran BBM di Papua Kembali Normal Pasca 3 Hari Demo Rasisme

Headline
Penyaluran BBM di Papua Kembali Normal Pasca 3 Hari Demo Rasisme Mobil dispenser BBM (Foto: Antara)

Pantau.com - Penyaluran BBM ke Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua sudah berangsur normal. Sebelumnya sempat tersendat akibat demo rasisme yang berujung ricuh selama tiga hari. 

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho mengatakan Pertamina telah melakukan penyaluran BBM sejak Sabtu (31/8) ke PLN dan SPBU di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sentani di Kabupaten Jayapura.

"Truk tangki pengangkut BBM beroperasi menyalurkan BBM dari Terminal BBM Jayapura ke masing-masing lembaga penyalur dan DPPU Sentani sejak sore hingga tadi malam 31 Agustus 2019, pukul 21.28 WIT dengan pengamanan TNI. Total yang disalurkan sebesar 682 kilo liter (KL)," kata Galih di Kota Jayapura, seperti diberitakan Antaranews, Minggu (1/8/2019).

Baca juga: 4 Langkah Jitu yang Diklaim Bisa Turunkan Impor BBM

"Penyaluran BBM di Jayapura baik untuk kebutuhan masyarakat di SPBU maupun PLN serta DPPU Sentani terus kami perkuat agar pelayanan dapat terus berjalan dengan optimal," tambahnya.

Penyaluran disejumlah kota dan Kabupaten di Papua dilakukan sejak sekitar pukul 11.30 WIT. "Pertamina mulai kembali mengirimkan BBM ke PLN untuk memperkuat stok BBM di PLTD dan dilanjutkan dengan penyaluran ke SPBU. Total yang akan disalurkan hari ini sebanyak 626 KL sehingga total BBM yang disalurkan dua hari ini sebanyak 1.308 KL," jelasnya.

Sementara, untuk penyaluran BBM ke lembaga penyalur dan DPPU juga dilakukan dengan pengawalan penuh dari TNI untuk menjamin keamanan pengiriman.

"Pertamina dan Hiswana Migas juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk keamanan di SPBU," ujarnya.

Galih menerangkan dalam penyaluran BBM hari ini, 9 dari 12 SPBU Reguler di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura sudah beroperasi normal, yaitu SPBU Nagoya, Dok 5 Atas, Dok 5 Bawah, Entrop, Kotaraja, Padang Bulan, Hawai Sentani, Bandara Sentani dan Doyo.

Baca juga: Naik 2 Kali Lipat, Laba Bersih Pertamina USD660 Juta di Semester I-2019

Sedangkan, SPBU Expo Waena dan SPBU Tanah Hitam sementara berhenti beroperasi dengan pertimbangan keamanan. Adapun SPBU Padang Bulan yang sempat tutup di pagi hari, siang ini telah beroperasi kembali. Sementara itu, 1 SPBU dalam proses renovasi.

"SPBU Tanah Hitam atas pertimbangan keamanan untuk sementara ini tidak beroperasi karena situasi kurang kondusif pagi tadi di wilayah tersebut. Sementara SPBU Expo Waena akan dibuka setelah mendapat rekomendasi dari aparat kepolisian," terangnya.

Pertamina memastikan penyaluran BBM dilakukan kembali dilakukan agar masyarakat dapat memperoleh BBM untuk menunjang kebutuhan transportasi dan proses pemulihan pasca aksi masyarakat. Pertamina berharap agar situasi dapat terus kondusif dan aman di wilayah Jayapura dan Papua pada umumnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: