Pantau Flash
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama
36 Pegawai Kedeputian Penindakan KPK Positif COVID-19
Pos Penyekatan di Jembatan Suramadu Resmi Ditiadakan
Perhatian! Warga dengan KTP Non DKI Jakarta Bisa Ikut Vaksinasi COVID-19
Warga Jakarta Waspada, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Nyaris Penuh

Per 1 September, Biaya Transfer Kliring Bank Cuma Rp3.500

Headline
Per 1 September, Biaya Transfer Kliring Bank Cuma Rp3.500 Teller Bank Mandiri melayani nasabah (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Transfer ke antar bank jangan ragu lagi karena biaya transfer. Pasalnya per 1 September 2019, Bank Indonesia (BI) akan menurunkan biaya transfer uang menggunakan kliring menjadi Rp3.500 dari sebelumnya Rp5.000.

Dalam konfrensi presnya, Direktur Pengembangan Infrastruktur Sistem Pembayaran BI Ery Setiawan mengatakan, langkah ini untuk menarik minat konsen untuk melakukan transfer lebih murah.

"Tujuannya untuk meningkatkan transfer dana dan reguler, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas transaksi yang semakin cepat," kata Ery, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Hore! Biaya Kriling Turun, Transfer ke Beda Bank Cuma Rp3.500

Seperti kita ketahui bahwa kliring menjadi salah satu pilihan untuk melakukan transfer dana antarbank. Jika ingin mentransfer dana dalam jumlah besar dengan biaya murah, kliring dapat menjadi salah satu pilihan.

Layanan kliring dapat diakses melalui teller di kantor cabang bank, juga melalui internet banking dan electronic banking

Sebelumnya, batasan maksimal transaksi kliring juga dinaikkan dari sebelumnya Rp500 juta menjadi Rp1 miliar. Selain itu, durasi penyelesaian transaksi (settlement) di Bank Indonesia juga dipercepat menjadi 1 jam sekali, dari sebelumnya 2 jam sekali. Sehingga dalam satu hari dijadwalkan terjadi 9 kali settlement, bertambah dari sebelumnya 5 kali settlement.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika

Berita Terkait: