Pantau Flash
Kapolsek Parigi Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf
31 Gempa Susulan Guncang Semarang hingga Minggu Siang
Buka Festival Sriwijaya XXIX, Sandiaga Uno Harapkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumsel Segera Bangkit
Panglima TNI Bilang TNI dan Polri Adalah Ujung Tombak Penanggulangan COVID-19
YLKI Sebut Aturan Wajib PCR Penumpang Pesawat Diskriminatif, Minta Jangan Ada Aura Bisnis dan Pihak yang Diuntungkan

Persetujuan Perdagangan Inggris-AS Pasca Brexit Terancam

Persetujuan Perdagangan Inggris-AS Pasca Brexit Terancam Ilustrasi Brexit (Foto: Reuters)

Pantau.com - Anggota-anggota Demokrat di Kongres Amerika mengancam akan memblok setiap persetujuan perdagangan antara Inggris dan pemerintahan Trump, kalau perbatasan pasca Brexit ditetapkan di Irlandia. Mereka mengatakan,perbatasan fisik mengancam persetujuan perdamaian yang ditengahi Amerika pada tahun 90an, yang berhasil mengakhiri kekerasan selama 30 tahun di Irlandia Utara.

Peringatan dari Demokrat itu datang beberapa hari setelah penasihat keamanan Presiden Trump, John Bolton, mengatakan Inggris akan mendapat prioritas persetujuan perdagangan yang dipercepat dengan Amerika apabila Inggris meninggalkan Uni Eropa.

Baca juga: Sumpah Pendiri Huawei, Reformasi Usaha Guna Redam Krisis AS

Dalam surat kepada Menlu AS Mike Pompeo Senin (19 Agustus 2019), pemimpin minoritas senat Chuck Schumer mengatakan dia mendukung baik Demokrat maupun Republik di DPR dalam menentang persetujuan perdagangan seperti itu.

Dalam lawatan ke London minggu lalu, Bolton mengatakan, Trump sangat bersemangat dalam mendukung persetujuan perdagangan. Sebelumnya bulan ini, Pompeo mengatakan kepada Menlu Inggris Dominic Raab pemerintahan Trump sudah siap menanda-tangani sebuah persetujuan perdagangan baru secepat mungkin setelah Britain keluar dari Uni Eropa.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: