Pantau Flash
10 Kecamatan di Kabupaten Bogor Ini Masuk Zona Merah COVID-19
Begini Komentar IMF Terkait Rupiah Menguat Rp15.880 per Dolar
Anies Resmi Terbitkan Pergub PSBB DKI Jakarta Jumat Pukul 00.00 WIB
Sah! Cuti Bersama Lebaran Digeser ke 28-31 Desember
Total 16.500 Spesimen Diperiksa untuk Deteksi COVID-19 hingga 9 April 2020

Pertamina Jamin Stok Avtur untuk Helikopter Pembom Air di Sumatera

Headline
Pertamina Jamin Stok Avtur untuk Helikopter Pembom Air di Sumatera Foto udara pusat Kota Padang di Sumatera Barat yang diliputi asap pada Kamis (18/9/2019). (Foto: Antara/Iggoy el Fitra)

Pantau.com - PT Pertamina (Persero) mendukung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan Jambi dan Sumatera Selatan, dengan memastikan ketersediaan avtur untuk helikopter pembom air (waterbombing).

General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel Primarini di Palembang, Selasa, mengatakan, meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di beberapa titik di Sumatera telah mendorong Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan untuk mengambil peran dan mendukung penanggulangannya.l

Di wilayah Sumbagsel terdapat dua wilayah terdampak asap karhutla, yakni Jambi dan Sumatera Selatan. Kondisi udara di daerah tersebut sempat tercatat mencapai tingkat yang berbahaya untuk kesehatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat.

Baca juga: Pertamina Mulai Proses Penutupan Sumur YYA-1, Sumber Tumpahan Minyak

"Saat ini kami mendukung tugas tim penanggulangan karhutla di Jambi dan Sumatera Selatan dengan mengirimkan avtur untuk bahan bakar helikopter ke titik pengisian yang lebih dekat dengan lokasi kebakaran. Namun tetap, kami memastikan aspek keselamatan tetap yang utama," kata Primarini.

Pertamina mengerahkan truk refueler berkapasitas 16 Kilo Liter (KL) untuk mendukung operasi udara tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk di Jambi, saat ini titik pengisian digeser dari Bandara Sultan Thaha ke helipad Desa Suka Jaya, Musi Banyuasin, sedangkan di Sumatera Selatan digeser dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ke helipad Bayung Lincir, Musi Banyuasin.

"Harapannya dukungan ini bisa membantu dan mengoptimalkan tim penanggulangan karhutla dalam memadamkan kebakaran, sehingga secara bertahap asap yang mengganggu dapat hilang dan masyarakat dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa kembali," kata dia.

Baca juga: Ada Banjir Rob, Pertamina Relokasi Warga di Desa Cemara, Karawang

Selain itu, Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah beberapa kali membagikan masker gratis untuk masyarakat di beberapa titik di Kota Palembang.

"Untuk lokasi terdampak asap lainnya saat ini juga sedang kami siapkan untuk pembagian masker gratis," pungkasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: