Pantau Flash
Rupiah Nongkrong di Level Rp13.667 per Dolar AS
Hari Ini Rekayasa Perjalanan KRL Jakarta Kota Masih Diberlakukan
Williams Racing Bertekad Bangkit di Musim 2020
Ashraf Sinclair, Suami BCL Meninggal Dunia
Arcandra: Mobil Listrik Dapat Tekan Impor Minyak Mentah

Pertamina Lakukan Pengeboran 5 Sumur Eksplorasi Semester I-2019

Headline
Pertamina Lakukan Pengeboran 5 Sumur Eksplorasi Semester I-2019 Petugas pertamina hulu energi (Foto: Pertamina)

Pantau.com - Pada semester pertama tahun 2019, Pertamina melalui dua anak usaha hulu telah berhasil melaksanakan pemboran lima sumur eksplorasi dari 10 sumur eksplorasi yang dibor oleh seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di Indonesia.

Untuk pengeboran sumur pengembangan, Pertamina telah menyelesaikan 118 sumur dari 158 sumur pengembangan yang dibor seluruh KKKS di Indonesia.

"Pengeboran sumur eksplorasi dan pengembangan yang dilakukan Pertamina mendominasi capaian pemboran di semester I tahun 2019. Pengeboran eksplorasi mencapai 50 persen dari realisasi nasional. Sementara itu, untuk sumur pengembangan, Pertamina telah merealisasikan 74 persen dari total realisasi pemboran sumur oleh seluruh KKKS," kata Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Pertamina Tepis Berita Kenaikan Harga BBM: Itu Hoax!

Lebih lanjut Dharmawan memaparkan bahwa capaian target sumur eksplorasi dan pengembangan sumur didukung investasi Pertamina di sektor hulu yang cukup signifikan.

Pada tahun 2019, nilai investasi Pertamina di sektor hulu mencapai 2,6 miliar dolar AS atau sekitar 60 persen dari keseluruhan investasi Pertamina pada RKAP tahun 2019 yang mencapai 4,2 miliar dolar AS. Investasi di sektor hulu ini bahkan diperkirakan meningkat hingga 3 miliar dolar AS.

"Pertamina berkomitmen melakukan pengeboran secara masif pada tahun 2019, di mana pengeboran dilakukan tiga hari sekali. Pengeboran ini terutama dilakukan di Blok Mahakam yang diharapkan bisa menjaga ketahanan dan kemandirian energi nasional," kata Dharmawan.

Pertamina terus konsisten melakukan eksplorasi dan pengembangan sumur minyak dan gas (migas) untuk menjaga produksi migas nasional sesuai dengan target yang telah ditetapkan Pemerintah yang tertuang dalam APBN.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi