Pantau Flash
Dirlantas Polda Metro: Kami Minta Maaf Jika Pernah Menyakiti Hati Pengemudi
BLT Subsidi Gaji Guru Non PNS sampai Ustadz Diverivikasi BPJS
Kasus Positif COVID-19 Bertambah 2.897 dengan Total 406.945
12 Kamera Tilang Elektronik di Jakarta Dirusak Perusuh saat Demo
Pemimpin Agama dari 19 Negara Bersatu dalam Konferensi Doa Atasi COVID-19

Pidato Perpisahan Jack Ma: Saya Hanya Ingin Mengganti Gigi

Headline
Pidato Perpisahan Jack Ma: Saya Hanya Ingin Mengganti Gigi Jack Ma saat menyampaikan pidato perpisahan (Screenshot: China Daily)

Pantau.com - Pendiri Alibaba Group Jack Ma mengatakan pada hari Selasa (10/9/2019) keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai ketua adalah "10 tahun dalam pembuatan" dan menandai keberhasilan rencana suksesi perusahaan.

"Hari ini bukan pensiunnya Jack Ma, tetapi awal dari warisan sebuah institusi," kata Ma dalam perayaan peringatan 20 tahun Alibaba di Hangzhou, markas Alibaba, pada Selasa malam. 

"Hari ini bukanlah pilihan satu orang tetapi keberhasilan institusi," ujarnya lagi.

Pada 10 September 2018, Ma mengusulkan untuk meninggalkan jabatannya sebagai ketua setahun kemudian, mengejutkan banyak orang. Alibaba mengatakan Ma akan tetap menjadi dewan direksi sampai 2020 dan dalam Kemitraan Alibaba, sekelompok manajer senior lama yang melakukan kontrol signifikan terhadap bisnis dan afiliasinya.

Baca juga: Dinilai Pensiun Muda, Apa Iya Jack Ma Sengaja Amankan Harta Warisan?

Ma mengatakan keputusannya bukan karena iseng atau karena tekanan tetapi merupakan hasil dari persiapan serius 10 tahun. Dia berterima kasih kepada perusahaan karena meluangkan waktu untuk "menemukan, memelihara, dan mendukung" tim kepemimpinan baru.

Dilansir China Daily, dalam pidato emosional yang disampaikan selama gala, Ma mengatakan berharap bahwa 30 tahun kemudian, perusahaan akan memiliki setidaknya 1.000 karyawan per tahun dengan pengalaman kerja 10 tahun di Alibaba untuk bergabung dengan perusahaan lain, sebagai cara untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Dia mengidentifikasi keberlanjutan, inklusivitas dan altruisme sebagai tema utama untuk hari esok, dan mengatakan bahwa dia percaya teknologi tidak ada artinya jika gagal untuk mengikuti tren ini.

"Jika 20 tahun terakhir adalah untuk perusahaan internet, 30 tahun ke depan akan menjadi saat teknologi internet digunakan dengan baik," katanya.

Dia juga menekankan bahwa Alibaba tidak pernah membayangkan menjadi perusahaan "besar" atau "kuat", atau untuk mengalahkan lawan. Alih-alih, tujuannya adalah menjadi perusahaan yang baik yang hanya dapat didefinisikan dengan tanggung jawab dan kebaikan.

Pengganti Ma, Daniel Zhang, yang telah menjadi CEO sejak 2015, mengatakan Alibaba ingin membangun penjualan hingga $1,4 triliun dalam lima tahun ke depan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan tujuan jangka panjang perusahaan.

Baca juga: Jack Ma Resmi Mundur sebagai CEO Alibaba Hari Ini

Alibaba telah berjanji untuk melayani lebih dari 2 miliar pelanggan di seluruh dunia, menciptakan 100 juta pekerjaan dan membantu 10 juta usaha kecil dan menengah menjadi menguntungkan pada tahun 2036.

"Sangat penting bagi kami untuk tetap berpegang pada tiga strategi kami, yaitu globalisasi, (perluasan) kebutuhan domestik, serta data besar dan komputasi awan," katanya kepada hadirin.

Ma mengulangi harapannya yang sudah lama dipegang untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk pendidikan, filantropi, dan perlindungan lingkungan setelah mendorong startup yang dulu muncul ke dalam emporium perdagangan seperti sekarang ini.

"Masih terlalu dini bagi saya untuk pensiun pada usia yang begitu muda," katanya.

"Saya hanya ingin mengganti gigi. Sampai ketemu lagi."

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: