Pantau Flash
Muhyiddin Yasin Bakal Dilantik Sebagai PM Malaysia ke-8
Liga 1 2020 Dimulai, Wakil Presiden Harapkan Kompetisi Sehat
Siap-siap, Beli Ponsel di Atas Rp7 Juta dari Luar Negeri Wajib Daftar IMEI
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia

Ponsel Jadi Barang Paling Banyak Dibeli Secara Online Selama 2019

Ponsel Jadi Barang Paling Banyak Dibeli Secara Online Selama 2019 Ilustrasi e-commerce. (Foto: IST)

Pantau.com - Platform belanja online Tokopedia mencatat terdapat lima kategori yang paling banyak dibeli konsumen sepanjang 2019, salah satunya gawai elektronik.

"Kini kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Menurut data internal Tokopedia pada 2019, kategori belanja paling populer di kalangan konsumen adalah fashion, rumah tangga, ponsel dan tablet, elektronik dan kesehatan.

Baca juga: Belanja Barang Impor via Online Akan Dikenakan Bea Masuk Lho!

Tidak hanya kategori terpopuler, Tokopedia mencatat lima daerah di Indonesia memiliki pertumbuhan penjual tertinggi tahun lalu, yakni Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Sementara provinsi dengan pertumbuhan pembeli tertinggi berada di Sulawesi Utara, Aceh, Kalimantan Timur, Bali dan Sulawesi Selatan.

Tokopedia tetap menjalankan misi pemerataan ekonomi melalui platform digital, mereka ingin berbagai profesi di Indonesia dapat menciptakan peluang pendapatan, atau yang mereka sebut "evolusi menjadi perusahaan teknologi" melalui ekosistem mereka.

Baca juga: Kabar Baik Nih Girls, Hobi Belanja Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur

"Harapannya, seluruh profesi di Indonesia bisa selalu relevan terhadap perubahan zaman sekaligus terus ikut berkontribusi terhadap perekonomian negara," kata Nuraini.

Tokopedia juga menghimpun data unik dari tahun lalu dan tahun ini.

Pada 2019, barang pertama yang dibeli konsumen berupa flash disk, sementara tahun ini adalah tas rotan bermotif lukis khas Bali.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ekonomi

Berita Terkait: