Presiden Kirim Surat ke DPR Soal Calon Deputi Gubernur BI, Ini Daftar Nama yang Dicalonkan

Headline
Gedung DPR. (Pantau.com/Fery Heryadi)Gedung DPR. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com –  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Taufik Kurniawan mengatakan Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan surat kepada DPR yang berisi nama calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menggantikan Perry Warjiyo. Dalam surat tersebut, Taufik mengatakan tertera tiga nama yakni Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat.

“Baru saja saya terima suratnya, besok akan segera diserahkan ke Badan Musyawarah, dan di sidang paripurna akan disampaikan,” kata Taufik, Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan, Senin (29/1/2018).

Perry Warjiyo terpilih menjadi salah satu Deputi Gubernur BI pada 14 Maret 2013 setelah sebelumnya sempat tiga kali mengikuti pencalonan deputi gubernur BI. Perry bergabung di BI sejak 1984. 

Sementara itu sebagai informasi, Dody, Doddy, dan Wiwiek merupakan pejabat senior di BI yang mempunyai pengalaman luas di bidang moneter. Dody Waluyo saat ini menjabat Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Dody juga pernah mengikuti fit and proper test untuk menjadi Deputi Gubernur BI pada akhir 2016. Namun, Komisi XI lebih memilih Sugeng sebagai Deputi Gubernur BI bidang Sistem Pembayaran. Sementara Doddy Zulverdi, saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI sejak 2015. Sedangkan Wiwiek Sisto merupakan Kepala Perwakilan BI Jawa Barat. 

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti