Produk Lokal Masih ‘Loyo’, Blibli Gandeng Google dan Facebook

CEO Blibli.com Kusumo Martanto. (Pantau.com/ Ratih Prastika)CEO Blibli.com Kusumo Martanto. (Pantau.com/ Ratih Prastika)

Pantau.com Blibli.com, salah satu e-commerce di Indonesia mengakui jumlah produk lokal yang dijualnya masih kecil.

“Dari 2,5 juta (produk yang dipasarkan Blibli.com), lokal produsen itu hanya 50 ribu hingga 100 ribu Memang dilihat banyak tapi masih kecil,” ujar CEO Blibli.com Kusumo Martanto saat memberikan pemaparan dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, Jumat (2/2/2018). 

Kusumo mengaku, pihaknya terus berupaya mengembangkan pengusaha lokal. Salah satu caranya dengan menggandeng perusahaan dunia seperti Google dan Facebook. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai teknologi kepada pengusaha lokal.

“Kami terus menggerakan UKM (usaha kecil menengah). Kalau definisi di Blibli, UKM adalah local produsen,” lanjut Kusumo. Selain pelatihan mengenai teknologi, dia mengatakan UKM juga perlu diberikan pelatihan advertising. 

“Kami juga memberikan empowerment, bekerjasama banyak pihak-pihak termasuk Google dan Facebook. Ayo dong kalian ini perusahaan raksasa, kalian banyak mendapatkan pendapatan dari advertaising di Indonesia sekarang feed back, ajari dulu UKM kecil yang tidak punya modal untuk melakukan advertaising,” ucap Kusumo.

Tim Pantau