Pantau Flash
Kasus Positif di Indonesia Capai 26.940, Pasien Sembuh Tercatat 7.637
Resmi! MotoGP Jepang Batal Digelar Akibat COVID-19
23 Mall di Bandung Ajukan Kesiapan Penerapan 'New Normal' di Tengah Pandemi
Kerusuhan di Amerika Serikat Memicu Kemerosotan Harga Minyak Dunia
Pelatih Persib Pilih Liga Kembali Bergulir Ketimbang Gelar Turnamen

Ramalan Ekonom Soal Investasi Donald Trump Jr di Indonesia

Ramalan Ekonom Soal Investasi Donald Trump Jr di Indonesia Donald Trump Jr (kiri) (Foto: Instagram/Donald Trump Jr)

Pantau.com - Ekonom Hisar Sirait menilai investasi properti dan resor wisata yang ditanamkan oleh putra Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakni Donald Trump Jr menandakan prospek investasi dan bisnis properti di Indonesia akan menguntungkan.

"Artinya sekarang Donald Trump melihat prospek investasi dan bisnis properti di Indonesia akan menguntungkan," ujar Rektor Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Selasa (13/8/2019). 

Ia menjelaskan bahwa kalau seorang anak Donald Trump mau berinvestasi di Indonesia berarti dia sudah memiliki pertimbangan-pertimbangannya yakni dia merasa iklim investasi di Indonesia merupakan iklim investasi yang menghasilkan keuntungan jangka panjang, dan Ini akan menjadi sentimen positif kepada pelaku pasar.

Baca juga: Data Baru Ungkap Risiko Bitcoin! Bisa Bikin Amsyong

Selain itu dari sisi aliran uang masuk dengan Donald Trump Jr mau berinvestasi artinya dia membawa masuk uang ke Indonesia, otomatis akan ada aliran yang namanya capital inflow. Dalam jangka pendeknya otomatis ini akan memperbaiki nilai tukar kurs rupiah yang tentunya akan terdampak dari adanya kerjasama tersebut.

Ketika putra Presiden Amerika Serikat ke-45 itu di sektor riil maka dampaknya akan lebih baik lagi karena nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dampak berganda, serta imbasnya terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Berikutnya kalau dia mau membangun properti di sana kemudian ada resort-resort berstandar internasional di sana, itu juga akan menjadi salah satu jembatan untuk membranding pariwisata Indonesia. Otomatis dengan sendirinya nanti akan memicu kunjungan wisatawan mancanegara," kata Hisar Sirait.

Baca juga:  Datang Gunakan Mobil, Ini Pengakuan Pendaftar Rumah Dp0 Rupiah

Menurut ekonom itu, dengan adanya kunjungan wisatawan mancanegara maka aliran dolar AS akan kembali masuk ke Indonesia, kemudian kegiatan-kegiatan ekonomi di wilayah sekitar resor tersebut akan terdampak banyak.

Sebelumnya putra Presiden Amerika Serikat Donald Trump yakni Donald Trump Jr menanamkan investasi properti di dua daerah Indonesia tepatnya di Lido, Sukabumi, Jawa Barat dan Bali.

Trump Residences merupakan resor dan hunian ultra mewah yang terintegrasi pertama di Indonesia. Proyek unggulan ini dihadirkan di dua lokasi yakni Lido, Sukabumi dan Bali, tepat bersebelahan dengan Pura Tanah Lot.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni