Pantau Flash
Kelakar Menhub Budi Karaya: Virus Korona Takut Nasi Kucing
Rupiah Menguat 33 Poin, Rp 13.660 per Dolar AS
Rektor UI Sebut Pelajaran Pancasila Perlu Diubah Secepatnya
Menkeu: Perusahaan Eropa Masih Minim Manfaatkan Insentif Pajak
Hermawan, Pria Pengancam Penggal Kepala Jokowi Dituntut 5 Tahun Penjara

Realisasi Dana Bansos hingga Akhir April Capai Rp54 Triliun

Realisasi Dana Bansos hingga Akhir April Capai Rp54 Triliun Uang yang ditarik Bank Indonesia (Instagram/Bank Indonesia)

Pantau.com - Kementerian Keuangan mencatat realisasi penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) hingga akhir April 2019 mencapai Rp54 triliun atau telah mencapai 55,64 persen terhadap pagu APBN tahun 2019.

"Realisasi tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 39,78 persen dari pagu APBN tahun 2018," seperti dikutip dari laporan APBN Kita, Kamis (16/5/2019).

Meningkatnya realisasi belanja bantuan sosial tersebut dinilai menunjukkan bentuk keberpihakan Pemerintah kepada masyarakat miskin untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya sejak awal tahun.

Baca juga: Duh! Penerimaan Pajak Turun, Sri Mulyani: Perekonomian Alami Penurunan

"Antara lain direalisasikan melalui pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah mencapai 60 persen dari alokasinya pada bulan Maret 2019," paparnya.

Kemudian juga penarikan dimuka iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). "Penarikan dimuka iuran PBI JKN hingga bulan Oktober (10 bulan) yang telah dibayarkan Januari hingga April tahun 2019," ungkapnya.

Baca juga: Pinjaman Online Ini Klaim Gerai Pulsa akan Tetap Eksis, Yakin?

Selain itu juga digunakan untuk realisasi Belanja bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan realisasi Bansos lainnya (antara lain Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bidikmisi.

Untuk diketahui, realisasi belanja pemerintah pusat sampai dengan 30 April 2019 tercatat mencapai Rp 370,05 triliun atau 22,64 persen dari pagu APBN tahun 2019. 


Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika
Category
Ekonomi

Berita Terkait: