Pantau Flash
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama

Resmi Mengundurkan Diri, Ini 'Surat Cinta' Jack Ma untuk Pelanggan

Headline
Resmi Mengundurkan Diri, Ini 'Surat Cinta' Jack Ma untuk Pelanggan CEO Alibaba Jack Ma (Foto: Antara)

Pantau.com - Miliader China, Jack Ma akhirnya resmi menyatakan kemundurannya di Alibaba. Melalui pernyataan tertulisnya, Jack Ma mengatakan bahwa perusahaan tidak bisa bergantung terus kepada pendirinya.

"Tidak ada perusahaan yang sepenuhnya mengandalkan para pendirinya," tulis Ma dalam sepucuk surat kepada pelanggan, karyawan, dan pemegang saham. 

Baca juga: Jack Ma Pensiun dari Alibaba

"Karena keterbatasan fisik pada kemampuan dan energi seseorang, tidak ada yang dapat menanggung tanggung jawab ketua dan CEO selamanya," lanjutnya. 

Dikutip CNN sebagai mantan guru bahasa Inggris, Ma memulai Alibaba (BABA) hampir dua dekade lalu dan membangunnya menjadi bisnis senilai $420 miliar. Dia akan digantikan oleh CEO saat ini, Daniel Zhang.

Dengan kekayaan bersih sekitar $ 40 miliar, Ma adalah salah satu orang terkaya di China. Dia mempertahankan profil tinggi, berbicara di konferensi di seluruh dunia dan menggosok bahu dengan para pemimpin dunia.

Baca juga: Tekuak! Tanda-tanda Kemunduran Jack Ma Sudah Ada di Awal Tahun 2018

Ma, yang akan tetap di dewan direksi perusahaan hingga 2020, mengatakan ia telah menghabiskan 10 tahun terakhir mempersiapkan rencana suksesi ini, bekerja untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat yang tepat di dalam Alibaba.

"Para guru selalu ingin siswa-siswa mereka melebihi mereka, jadi hal yang bertanggung jawab. Bagi saya dan perusahaan adalah membiarkan orang-orang yang lebih muda dan lebih berbakat mengambil alih peran kepemimpinan," katanya

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: