Pantau Flash
Kemendes PDTT Raih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020
Kementan Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB
Kemenparekraf Prediksi Tren Wisata Domestik dan Alam Akan Populer di 2021
Rekor Lagi! Kasus Positif COVID-19 RI Naik 5.534 per 25 November
Anita Kolopaking: Djoko Tjandra Ingin Nama Baiknya Dipulihkan

Ridwan Kamil Siapkan Jurus Jitu Bantu UMKM Selama Pandemi COVID-19

Ridwan Kamil Siapkan Jurus Jitu Bantu UMKM Selama Pandemi COVID-19 Gubernur Jabar M Ridwan Kamil atau Kang Emil. (Dok Humas Pemprov Jabar)

Pantau.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil menyiapkan jurus jitu untuk membantu meningkatkan bisnis di level UMKM yang sempat anjlok selama pandemi COVID-19 yakni dengan memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk bekerja sama dengannya dan mendesain tiap produk UMKM-nya.

Kang Emil menuturkan, jurus jitu tersebut muncul saat dirinya mengunggah salah satu produk UMKM jenis sepatu buatan pelaku usaha asal Bandung Exodos57 dan ternyata unggahan tersebut ternyata berdampak terhadap penjualan produk.

"Jadi sekitar dua bulan lalu saya didatangi industri ekonomi kreatif yang menyatakan gara-gara covid industri kreatif turun. Saya bertemu mas Gally warga Jabar keturunan Palu. Saya pakai produknya viral. Gara-gara itu statistik medsos punya nilai ekonomi," kata Kang Emil, Senin (26/10/2020).

Berdasarkan pengalaman tersebut, Gally Rangga pemilik brand Exodos57 dan Geer Company meminta Kang Emil untuk turut serta mempromosikan brand lokal lainnya sebagai cara mendongkrak roda ekonomi para pelaku UMKM.

Baca juga: Menteri Edhy Serahkan Bantuan Rp12,2 Miliar dan 2.500 Batang Mangrove

"Istilahnya saya itu menyambut gagasan Gally bahwa selama Covid  kita perlu kebersamaan untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Kebetulan saya punya dua hal, latarbelakang desain dan sosial media," kata Kanf Emil.

Namun, pihaknya mengaku tak ingin berhenti sebatas menjadi promotor dan dirinya bersedia untuk terjun langsung mendesain agar tiap produk punya identitas yang kuat. Ide atau jurus jitu tersebut direspons positif para pelaku UMKM dan setelah melewati proses kruasi hingga saat ini total ada 22 brand lokal dari Jabar, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan berkolaborasi.

Kang Emil menuturkan akhir pekan kemarin dirinya sempat bertemu dengan para pelaku UMKM di sela kunjungannya ke Jawa Tengah dan ada sekitar delapan pemilik brand yang diajak berdiskusi.

Mereka memperkenalkan sejarah produknya hingga berkeluh kesah tentang penurunan omzet akibat pandemi. Selain membahas soal rencana kerja sama, Emil pun menawarkan bantuan permodalan untuk pemilik brand lokal yang kesulitan dalam sisi modal usaha. "Pemprov Jabar punya Bank BJB dan kalau semua akses sudah mentok kita bisa manfaatkan kalau isunya di permodalan," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Jawa Barat Siap Menerima Vaksin COVID-19

Sementara itu, Pelaku UMKM pemilik brand Exodos57 dan Geer Company Gally Rangga bercerita rencana itu lahir setelah Kang Emil berkunjung ke tokonya dan mempromosikan produk sepatunya.

"Itu awalnya sederhana  Ridwan Kamil kebetulan memakai produk saya dan suka main ke store. Kita berbincang soal situasi pandemi. Nah saya mengajak Pak RK untuk berkolaborasi, izin pakai nama beliau karena followers-nya berjuta-juta," kata Gally.

Dengan semangat membangkitkan energi brand lokal, ia mencari pelaku UMKM yang punya kualitas baik dengan berkendara sepeda motor menjelajah Pulau Jawa.

Hasilnya ialah tidak sedikit produk lokal berkualitas yang ia temukan namun, setelah melewati proses kurasi, tersaring 22 brand lokal dari Jabar hingga Jatim yang akan berkolaborasi seperti Pijakbumi, Tesmak, Siegeleather, sweda.co, ruaya.co, Trooper Costum, harimausupply dan beberapa produk lokal lainnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: