Pantau Flash
Disiplin Terapkan Prokes, Ketua Satgas COVID-19 Positif Korona
Total Positif COVID-19 di Indonesia Capai 965.283 dengan 13.632 Kasus Baru
BMKG Prediksi Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Diguyur Hujan Disertai Petir
BPJS Kesehatan Pantau Pemanfaatan Aplikasi P-Care Vaksinasi COVID-19
Gempa Besar Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara

Sekelas Bank Capital One, 100 Juta Data Pemohon Kartu Kreditnya Dibobol

Headline
Sekelas Bank Capital One, 100 Juta Data Pemohon Kartu Kreditnya Dibobol Seorang pria berjalan di seberang lokasi gedung bank Capital One di San Francisco, 16 Juli 2019. (Foto: AP)

Pantau.com - Seorang peretas berhasil mengakses data pribadi dari lebih 100 juta pemohon kartu kredit pada bank Capital One, kata bank itu, Senin (29 Juli 2019), sementara pejabat federal menangkap seorang tersangka.

Paige A. Thompson dituduh melakukan kejahatan digital di pengadilan distrik Amerika di Kota Seattle. Hakim memerintahkan supaya Thompson tetap ditahan sampai sidang digelar pada Kamis (1/8/2019).

Baca juga: Kepala BKPM Ralat Informasi Terkait Kepemilikan 4 Unicorn Indonesia

Peretas itu mendapat informasi tentang skor kredit (penilaian kelayakan calon debitur dan debitur). dan jumlah dana dalam rekening pemohon serta nomor kartu Social Security dari kira-kira 140 ribu pelanggan, kata bank itu.

FBI menggerebek rumah Thompson pada Senin dan menyita sejumlah peralatan elektronik. Penyelidikan awal menunjukkan adanya berkas-berkas yang menyebut bank Capital One dan entitas lainnya yang mungkin telah, atau akan dijadikan sasaran peretasan.

Baca juga: Virus PHK Karyawan Merambah Uber, 400 Pegawai Marketing Dirumahkan

Capital One, yang berpusat di McLean, Virginia mengatakan pada Senin (29 Juli 2019) telah menemukan kebocoran dalam sistem perbankannya pada 19 Juli dan segera minta bantuan polisi untuk menangkap pelakunya.

Pencurian data itu mencakup data keuangan lebih dari 100 juta orang di Amerika dan enam juta orang di Kanada. 

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: