Pantau Flash
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal
25 Anak Usaha Pertamina Akan Didivestasi dan Likuidasi

SIM Bisa Jadi e-Money Akan Grand Launching 22 September, Bedanya Apa Ya?

Headline
SIM Bisa Jadi e-Money Akan Grand Launching 22 September, Bedanya Apa Ya? Contoh smart SIM yang beredar di WhatsApp Group

Pantau.com - Viral karena kemunculannya dimedia sosial WhatsApp, SIM yang katanya bisa dijadikan uang elektronik alias e-Money telah dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak kepolisian. Disebut smart SIM, Korlantas Polri memastikan kartu itu akan diluncurkan pada 22 September.

"Grand launching akan kita lakukan pada tanggal 22 September 2019, bertepatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara," ujar Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan, Kamis 22 Agustus 2019.

Sama halnya dengan e-Money pada umumya, smart SIM juga hanya mampu menampung maksimal uang Rp2 juta. 

"Bisa menjadi uang elektronik dan saldo yang kita siapkan maksimal Rp2 juta," tambahnya.

Baca juga: Hitungan SKK Migas Tak Meleset, Produksi Minyak Sukowati Meroket

Sampai saat ini, kartu ini masih tahap ujicoba, ia juga belum mau menjelaskan lebih detail soal bank mana yang akan diganteng. Refdi mengatakan pihaknya masih melakukan ujicoba terhadap Smart SIM.

Dia mengaku ingin Smart SIM dapat berfungsi secara maksimal jika sudah diluncurkan nanti.

Tapi, secara umum, smart SIM ini hampir sama dengan KTP elektronik yang menyimpan data-data pemegang SIM. Bahkan, kartu itu juga bisa menyimpan nomor telepon, kemudian nomor telepon orang terdekat yang bisa dihubungi apabila terjadi sesuatu.

Baca juga: Penasaran Soal Migas Indonesia? 5 Kampus Ini Sudah Miliki Migas Centre

"Semua data forensik kepolisian ada pada chip. Jadi SIM itu ada chipnya, dengan kapasitas tertentu, semua data forensik itu ada, sebagaimana data identitas kependudukan kita," jelasnya.


Foto: WhatsApp

Sedangkan untuk tampilan tak beda jauh dengan SIM manual. Bagian atas kartu terdapat tulisan Indonesia. Persis di bawahnya, terdapat tulisan 'surat izin mengemudi'. Logo Kepolisian Negara Republik Indonesia terletak di pojok kiri atas.

Foto pemilik SIM berada di sebelah kiri. Pada bagian tengah terdapat data pribadi pemilik, di antaranya nama, tempat tanggal lahir, golongan darah-jenis kelamin, tempat tinggal, dan pekerjaan. Masa berlaku SIM ada apa bagian pojok kanan bawah. Sementara pada bagian belakang, tampilan Smart SIM berwarna putih. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: