Pantau Flash
Indonesia Butuh Crisis Center Hadapi Teror Korona
Presiden Jokowi Minta Dukungan MK untuk Muliakan UU Omnibus Law
Polres Jayapura Amankan 4 Pucuk Senpi dari Daerah Perbatasan
Seorang Pria di Jerman Positif Terkena Virus Korona
Harga Emas Antam Stagnan di Rp 774 Ribu per Gram

Singgung Soal Teknologi, Sri Mulyani Keluarkan 5 Jurus Kesejahteraan?

Singgung Soal Teknologi, Sri Mulyani Keluarkan 5 Jurus Kesejahteraan? Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Antara/Desca Lidya Natalia)

Pantau.com - Teknologi dapat meningkatkan kinerja ekonomi suatu negara melalui peningkatan produktivitas, inovasi dan efisiensi. Namun demikian, ibarat dua sisi mata uang, gelombang kemajuan teknologi juga menciptakan banyak gangguan (disruptions). 

Mengantisipasi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai negara harus siap menghadapi secara digital. 

Untuk menjadi siap secara digital, negara tersebut harus berinvestasi pada konektivitas, salah satunya dengan membangun infrastruktur. 

"Oleh karena itu, infrastruktur menjadi sangat penting karena teknologi tidak dapat dinikmati manfaatnya jika masyarakat tidak dapat mengaksesnya," jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Antre Beli Mobil Esemka, Khofifah Puji Mobil Listrik Karya Anak ITS

Selain pentingnya infrastruktur fisik, kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan juga merupakan faktor yang harus terus dikembangkan.

Lebih lanjut, ia juga memaparkan 5 (lima) hal untuk membuka kunci kesejahteraan melalui inovasi teknologi yaitu dari meningkatkan hasil pertanian, menjadi mata rantai produksi global yang baru, menciptakan jasa perdagangan global, menghubungkan sektor informal ke sektor formal, ekonomi domestik yang beragam dan terhubung.

Saat ini, semakin membanjirnya informasi melalui media sosial, dialog menjadi sebuah hal langka dan jarang ditemukan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: