Pantau Flash
Senaf Soll, Pecatan TNI AD yang Jadi Pimpinan KKB Meninggal di RS Bhayangkara Jayapura
Tiba di Polda Metro, Luhut Diperiksa Terkait Laporan Terhadap Haris Azhar
Data per 26 September, 48.526.648 Penduduk Indonesia Sudah Dapat Vaksin Dosis Lengkap
Ngeri, IDI Ungkap Kasus Anak Terinfeksi Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat
Covid-19 di Indonesia Hari Ini: Kematian di Bawah 100, Positif Tambah 1.760

Taksiran Perajin: Harga Batik Prabowo-Mega dari Rp2,5 Juta hingga Rp5 Juta

Headline
 Taksiran Perajin: Harga Batik Prabowo-Mega dari Rp2,5 Juta hingga Rp5 Juta Megawati Soekarno dan Prabowo Subianto (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Batik menjadi kostum pertemuan dalam diplomasi politik antara Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. 

Prabowo Subianto mengenakan batik cokelat dengan corak parang, sementara Megawati mengenakan batik berwarna merah dengan corak minimalis. 

Salah satu perajin batik, Romi Novrianto mengatakan batik yang dikenakan Prabowo berjenis batik tulis. Batik jenis ini ditaksir harganya lebih dari Rp2 juta. 

"Paling murah sejenis itu Rp2,5 juta, tergantung kerumitan dan jenis corak, bisa sampai satuan dari Rp4 juta," ujarnya kepada Pantau.com, Rabu (24/7/2019).

Baca juga: Kalah Saing dari China di Smartphone, Samsung Banting Setir Jual Baterai

Sementara untuk batik yang dikenakan Megawati Soekarnoputri, perajin batik asal Pekalongan, Fahmi Reza mengatakan harganya bisa mencapai Rp5 juta. 

"Itu jenis batik cetak, bahannya sudah berbeda ya dan sudah pasti itu dibuat desainer jadi tentu bisa lebih tinggi harganya bisa lebih dari Rp5 jutaan," katanya. 

Menurutnya, harga batik tulis ditentukan oleh kerumitan dan lama pembuatannya. Tak ayal jika batik tulis dijual dengan harga cukup tinggi sebab dibuat dibuat langsung dengan ditulis menggunakan canting. 

"Batik tulis motifnya tidak akan ada yang sama persis, pembuatannya juga lebih rumit dan memakan waktu cukup lama," katanya.

Baca juga: Di Olshop, Batik Mirip Punya Prabowo saat Ketemu Mega Dijual Rp49 Juta

Prosesnya bisa memakan waktu 4 hingga 6 hari, tergantung pada cuaca. Sebab, batik tulis masih membutuhkan pengeringan dengan cara manual dengan proses penjemuran.

Sementara batik cetak yang digunakan Megawati dinilai memiliki harga cukup tinggi sebab desain terlihat berbeda dengan batik pada umumnya, selain itu kain yang digunakan juga lebih bagus dari kain batik pada umumnya. Hal ini turut meningkatkan nilai tambah pada batik tersebut. 

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika