Pantau Flash
Bupati Anne: Purwakarta Tidak Akan Ambil Kebijakan Lockdown
283 Jenazah di DKI Jakarta Dimakamkan dengan Protokol COVID-19
Aktor John Callahan Meninggal Dunia Akibat Stroke
81 Tenaga Medis di Jakarta Terinfeksi Virus Korona
Erick Thohir: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terus Jalan

Tarif Baru Ditangguhkan, China Pikir-pikir Beli Produk Pertanian AS

Headline
Tarif Baru Ditangguhkan, China Pikir-pikir Beli Produk Pertanian AS Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - China, terus menunjukkan iktikad baik dalam sengketa perdagangannya dengan Amerika Serikat, sementara dua ekonomi terbesar dunia ini bersiap melakukan pembicaraan perdagangan tingkat tinggi.

Juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng mengatakan China sedang mempertimbangkan pembelian produk-produk pertanian Amerika seperti daging babi dan kedelai.

Gao mengatakan China menyambut tindakan beriktikad baik dari pemerintahan Trump, dan bahwa China berharap kedua pihak akan terus menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi perundingan perdagangan.

Baca juga: Balasan 'Manis' China: 16 Produk AS Bebas dari Kenaikan Tarif Baru

Hari Rabu (11 September 2019), Presiden Amerika Donald Trump mengumumkan ia menangguhkan tarif terhadap produk-produk China senilai 250 miliar dolar dari 1 hingga 15 Oktober.

Ia mencuit di Twitter bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He telah meminta penangguhan sehubungan dengan perayaan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China pada 1 Oktober.

Pengumuman Trump itu dikeluarkan setelah China sebelumnya pada hari Rabu menyatakan membebaskan sejumlah produk Amerika dari sanksi tarif putaran mendatang yang dijadwalkan dimulai pada 17 September. Produk-produk itu mencakup udang, mesin untuk mengobati penyakit kanker, minyak pelumas industri dan berbagai macam bahan kimia.

Perunding di tingkat menengah berencana bertemu akhir bulan ini untuk mempersiapkan perundingan perdagangan tingkat tinggi pertama antara Amerika dan China sejak Juli lalu.

Baca juga: Menteri Keuangan Perancis: Libra Facebook Harus Diblokir di Eropa

Pembicaraan-pembicaraan itu dijadwalkan dimulai bulan depan di Washington. Serangkaian tarif terhadap banyak produk Amerika dan China yang dibeli dari satu sama lain itu telah mengguncang para investor dan menggelisahkan konsumen terkait kemungkinan kenaikan harga.

Trump telah lama menuduh China melakukan pencurian kekayaan intelektual dan memanipulasi mata uangnya untuk membuat produk-produknya lebih murah daripada produk Amerika di pasar dunia.

China mengatakan kebijakan dagang Amerika bertujuan untuk melemahkan daya saingnya.


Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: