Pantau Flash
Trump Berharap Seluruh Warga AS Disuntik Vaksin COVID-19 April 2021
Giannis Antetokounmpo MVP NBA 2020, Kalahkan King James dan Harden
Depok Berikan Kelonggaran Terhadap Aktivitas Warga 2 Pekan ke Depan
Rektor IPB Positif COVID-19 Tanpa Tunjukkan Gejala
Tambahan Kasus Harian COVID-19 RI Rekor Lagi, 4.168 Dinyatakan Positif

Ternyata Masyarakat Lebih Berminat Beli Rumah DP Rp0 Tipe 2 Kamar

Ternyata Masyarakat Lebih Berminat Beli Rumah DP Rp0 Tipe 2 Kamar Mobil di area pendaftaran Rusunami DP 0 rupiah (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Kepala UPT Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan mengatakan masyarakat lebih banyak membeli Program 'Solusi Rumah Warga' (Samawa) atau lebih dikenal hunian DP Rp 0 dengan tipe dua kamar dibandingkan tipe yang lain.

Baca juga: Pemprov DKI: Pemilik Mobil Mewah Tak Lolos Program Rumah DP Rp 0 Rupiah

"Sebagian besar kalau sudah berkeluarga rata-rata banyak yang mengambil tipe dua kamar," kata Dzikran di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (5/8/2019). 

Menurut Dzikran, hal itu dikarenakan kebanyakan yang membeli sudah berkeluarga dan memiliki anak. Sehingga lebih nyaman dengan tipe dua kamar. dan lebih nyaman. 

Ia menjelaskan pihaknya menyediakan beberapa tipe di hunian agar adanya jenjang karir dibidang perumahan, dikarenakan unit tersebut tidak dapat dialihkan. Kecuali kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah juga.

"Yang tadinya mengambil tipe studio (rumah dua kamar tipe 21), ketika dia membutuhkan hunian yang lebih besar maka bisa beralih ke tipe satu kamar, kemudian jika anaknya sudah lebih besar lagi bisa mengambil yang tipe dua kamar," jelasnya.

Sebelumnya, hari terakhir pengajuan permohonan kredit rumah DP Rp0 Samawa Klapa Village, Jakarta Timur, Minggu (4/8/2019), baru 1.063 orang pemohon hadir untuk memenuhi undangan proses kredit.

Baca juga: Jengkel Listrik Mati? Coba Lihat Perjuangan Pekerja Lapangan PLN

Diketahui menara Samawa memiliki 21 lantai dengan 780 unit yang terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe studio, satu kamar tidur, dan dua kamar tidur. Dari masing-masing unit ada dua tipe lagi. Pertama ada tipe Studio, terbagi Studio A ada 160 unit dan Studio C ada 80 unit. Perbedaan dari tipe tersebut hanya pada luasnya tanah dan bangunan.

Tipe studio dilengkapi dengan satu kamar mandi yang terletak di bagian sisi kiri dari pintu masuk. Luas untuk tipe Studio A 21 meter persegi sedangkan untuk tipe studio corner luasnya bertambah menjadi 22,25 meter persegi.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Nani Suherni
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: