Tujuh Provinsi Ini Bakal Jadi Mini Pilot Sensus Penduduk

Kepala BPS Suhariyanto. (Pantau.com/Ratih Prastika)Kepala BPS Suhariyanto. (Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com Pemerintah akan melakukan sensus penduduk tahun 2020. Untuk memastikan kelancaran pelaksanaannya, Badan Pusat Statistik (BPS) bakal melakukan uji coba atau mini pilot Juni 2018.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, mini pilot sensus penduduk rencananya akan dilaksanakan di tujuh provinsi di Indonesia. 

“Rencananya dilakukan di tujuh provinsi level dan desa kecamatan, di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku Utara,” kata Suhariyanto saat memberikan pemaparan dalm kick off meeting Sensus Penduduk 2002, Rabu (14/2/2018).

Ia menjelaskan sensus masih bersifat mini pilot, digelar di satu desa satu kecamatan saja tiap provinsi tersebut. “Dicoba organisasi lapangannya jalan, pengelolanya jalan atau tidak,” imbuhnya.

Baca juga: Rayakan Libur Imlek, KAI Tambah Jumlah Layanan Kereta

Meski hanya digelar di tujuh provinsi, Ia menyampaikan BPS akan dilihat secara keseluruhan sama seperti sensus biasa. Ia mengatakan ini sekaligus menjadi simulasi ke wilayah yang lebih kecil.

“Mini pilot, semuanya seperti sensus besar kita. Tapi kita lihat semuanya lancar tidak dari sisi instrumen, pengolahan,” ucapnya.

Baca juga: Menakar ‘Manfaat’ Lonjakan Cadangan Devisa Indonesia

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti
Penulis
Martina Prianti