Pantau Flash
Mahathir Mohamad Mundur Sebagai Perdana Menteri Malaysia
WNI di Diamond Princess: Pak Jokowi, Jangan Biarkan Kami Mati Perlahan
Asap Tebal Selimuti Gedung DPR RI
Melonjak Rp5.000, Harga Emas Antam Cetak Rekor Tertinggi
Bappenas dan Denmark Kolaborasi dalam Pengembangan Ekonomi Sirkular

Uang Pas-pasan? 5 Kota di Indonesia Ini Tawarkan Biaya Hidup Paling Murah

Uang Pas-pasan? 5 Kota di Indonesia Ini Tawarkan Biaya Hidup Paling Murah Peta pertanian Indonesia

Pantau.com - Setiap tahun, setiap provinsi akan menghitung angka kebutuhan hidup layak (KHL) warga. Angka ini juga yang nantinya digodok jadi upah minimum provinsi (UMP) yang diketok pada November biasanya.

Dari hitungan itu pula, sobat Pantau bisa melihat nih, kota mana saja yang biaya hidupnya terbilang murah? dirangkum dari berbagai sumber termasuk Badan Pusat Statisti, berikut lima kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia.

1. Yogyakarta

Dengan UMP Rp1.570.922, kota pelajar ini dinobatkan sebagai kota yang biaya hidupnya murah sob. Terkenal dengan nasi kucingnya, dengan harga Rp1.000 Yogya memang menjadi kota yang kerap dikunjungi wisatawan.

Kota yang kerap jadi kota rantau ini jelas begitu ramah buat kantong pelajar dan mahasiswa. Dengan hitungan biaya makan Rp30.000 per hari, kalian hanya butuh Rp900.000 untuk biaya makan sebulan. Dengan catat ya, jangan makan junk food yang bermerek-merek itu ya, sama jangan nongkrong di kopi asal Amerika.

Baca juga: Mercedes-Benz S 600 Guard Bakal Jadi Mobil Baru Jokowi, Harganya Selangit!

2. Solo

Kota lahir Presiden Joko Widodo juga memang katanya makanannya terkenal murah-murah. Upah Minimum Kabupatennya Rp1.802.700. Sobat Pantau masih bisa menemukan nasi bungkus dengan harga Rp5 ribuan. 

Sama dengan Yogya, biaya kos disana juga terbilang murah dan masih bisa jankau oleh para mahasiswa.

3. Cirebon

Beda Rp200 ribu, UMR Cirebon adalah Rp2.024.160. Kota yang terkenal dengan kawasan pesantrennya ini juga begitu ramah untuk para perantau. Mungkin karena banyak anak pesantren kali ya jadi makan didaerah itu masih terbilang murah.

Masih ada nasi kucing atau nasi pecel khas cirebon yang dijual Rp10.000.

Baca juga: Airlangga Tegaskan Berkat Biodiesel, RI Tak Perlu 'Mengemis' ke Negara Lain

4. Sibolga

Untuk kota yang satu ini sepertinya harus kita garis bawahi nih. Soalnya, biasanya kalau tinggal di luar jawa pasti biaya hidup selangitkan. Tapi rupanya tidak berlaku di Kota Sibolaga, dengan UMK Rp2.768.336, kota ini biaya hidupnya cukup terjangkau. 

5. Purwokerto

Kembali ke Pulau Jawa, kali ini masih berada diseputaran Jawa Tengah, yakni Kota Purwokerto. Kota yang memiliki kampus legendaris Universitas Jenderal Soedirman ini juga menawarkan biaya hidup murah.

Dengan UMP Jawa tengah Rp1.750.000, Purwokerto layak untuk dikunjungi baik wisata atau perantau. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: