Usia di Atas 65 Tahun, 97 Calon Jemaah Haji di Kota Madiun Batal Berangkat

Headline
Ilustrasi - Sejumlah calon haji asal Kota Madiun mengikuti cek kebugaran yang digelar Dinkes setempat di Stadion Wilis Kota Madiun, Jumat (25/3/2022). Cek kebugaran tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian persiapan keberangkatan ibadah haji pada tahun 2022. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

Pantau – Sebanyak 97 dari 180 calon jemaah haji di Kota Madiun, Jawa Timur, dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 2022/1443 Hijriah karena berusia di atas 65 tahun.

Kepala Kantor Kemenag Kota Madiun Abdul Wahid mengatakan Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan baru terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022, yakni melarang calon jemaah haji (CJH) dengan usia di atas 65 tahun untuk berangkat berhaji tahun ini.

“Berdasarkan aturan tersebut, ada 97 calon jemaah haji dipastikan batal berangkat,” ujar Abdul Wahid di Madiun, Senin (23/5/2022).

Menurut dia, calon jemaah haji lanjut usia rawan terpapar Covid-19. Hal tersebut yang menjadi alasan Pemerintah Arab Saudi menerapkan aturan baru dalam musim ibadah haji tahun 2022 yang dilakukan masih dalam kondisi pandemi.

Sebelumnya, dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2020 dan 2021, Pemerintah Arab Saudi menutup pelaksanaan ibadah haji sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Calon jemaah haji yang batal berangkat tahun 2022, kata Abdul Wahid, mereka akan mengisi kuota keberangkatan tahun depan.

“Semoga ibadah haji tahun ini berhasil, sehingga mereka yang batal tahun ini bisa diprioritaskan tahun depan,” kata dia.

Sesuai rencana, waktu keberangkatan CJH ke Tanah Suci dijadwalkan pada awal bulan Juni 2022. Untuk itu, Kemenag Kota Madiun terus berkoordinasi dengan Dinkes PPPA Kota Madiun guna mempersiapkan segala syarat berhaji, utamanya dalam hal menjaga stamina dan pemberian vaksinasi CJH agar sehat saat berangkat dan bisa menunaikan ibadah haji dengan nyaman.

Vaksinasi yang wajib diberikan bagi calon jamaah haji adalah vaksinasi COVID-19 lengkap (dosis 1 dan 2) serta vaksin penguat (booster) serta vaksin meningitis.

Calon jemaah haji juga dituntut menjaga stamina dengan rajin berolahraga dan menjaga asupan dengan makan makanan bergizi.

“Harapannya, seluruh calon jemaah haji Kota Madiun sehat dan bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan baik,” katanya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Aries Setiawan