Pantau Flash
6.300 Personel Kawal Sidang Tahunan MPR, Polda Metro Pastikan Tak Ada Demo
Politik Identitas Jadi Ancaman Pilkada Serentak, Hajatan DKI 2017 Disorot
Bamsoet Soal Sidang Tahunan MPR RI: Ini Konvensi Ketatanegaraan
Kadin Sebut Sektor Pariwisata Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi Ekonomi
Jokowi Kenakan Sabu, Baju Adat NTT di Sidang Tahunan MPR RI

Waduh! Apple Minta Maaf karena Izinkan Kontraktor Dengarkan Audio Siri

Headline
Waduh! Apple Minta Maaf karena Izinkan Kontraktor Dengarkan Audio Siri Apple (Foto: Reuters/Thomas Peter)

Pantau.com - Apple meminta maaf karena mempekerjakan kontraktor untuk diam-diam mendengarkan percakapan pelanggan yang direkam oleh asisten digital Siri-nya.

Apple mengatakan rekaman Siri digunakan sebagai data yang bertujuan untuk meningkatkan layanan Siri dan proses evaluasi kualitas lainnya, yang disebut penilaian.

Sebuah laporan The Guardian mengatakan bulan lalu bahwa Apple merekrut kontraktor untuk mendengarkan rekaman Siri, yang secara tidak sengaja membocorkan percakapan beberapa pelanggan, termasuk kehidupan pribadi mereka, janji temu dengan dokter mereka atau bahkan transaksi narkoba.

Baca juga: Usai Luncurkan Apple Card, Apple TV+ Siap Saingan dengan Netflix

Apple mengatakan telah menangguhkan program pemeringkatan setelah laporan media yang dipandang sebagai contoh pelanggaran privasi.

"Sebagai hasil dari tinjauan kami, kami menyadari bahwa kami belum sepenuhnya memenuhi cita-cita tinggi kami, dan untuk itu kami meminta maaf," kata Apple.

Itu berjanji untuk mengambil lebih banyak langkah untuk melindungi privasi penggunanya, termasuk tidak lagi mempertahankan rekaman audio interaksi Siri.

Baca juga: Kabar Buruk! Kartu Apple Bisa Rusak oleh Dompet dan Celana Jeans

Perusahaan mengatakan hanya akan menggunakan transkrip yang dihasilkan komputer untuk membantu meningkatkan kualitas dan fungsionalitas Siri.

Apple mencatat bahwa mereka tidak akan melanjutkan penilaian rekaman Siri hingga musim gugur ini ketika pembaruan perangkat lunak dilakukan pada perangkat, yang akan memberi pelanggan hak untuk mengontrol apakah rekaman Siri mereka dapat digunakan oleh Apple untuk tujuan peningkatan kualitas.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: