Wajib SNI Bagi Mainan Impor, Kecuali yang Ini

BSN memberikan keterangan pers tentang wajib SNI mainan impor. (Pantau.com/Ratih)BSN memberikan keterangan pers tentang wajib SNI mainan impor. (Pantau.com/Ratih)

Pantau.com  Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyampaikan kewajiban mainan impor harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI) tidak untuk semua mainan. “SNI yang ditetapkan oleh BSN adalah untuk jenis mainan anak atau mainan yang diperuntukkan kepada anak di bawah 14 tahun,” kata Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN, Wahyu Purbowasito, Rabu (24/1/2018). 

Dengan demikian, untuk mainan yang diperuntukkan bagi usia di atas 14 tahun apalagi mainan orang dewasa, tidak wajib disertai label SNI. “Yang (untuk) 14 tahun ke atas enggak kena,” imbuh Wahyu. 

Wahyu mengatakan, sepertinya ada kekeliruan informasi soal kewajiban label SNI untuk mainan dari luar negeri. Karenanya, dia mengaku merasa perlu meluruskan informasi perihal kewajiban label SNI bagi mainan impor. 

Dia menjelaskan kewajiban SNI sendiri, menurut undang-undang ditujukan bagi pelaku usaha produsen yakni mereka membuat, mengedarkan, dan memperdagangkan atau mengimpor. “Jumlah (mainan yang wajib berlabel SNI) bukan dari BSN tapi kesepakatan dengan Bea Cukai dan Perindustrian,” jelasnya.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti
Penulis
Martina Prianti