Pantau Flash
Jokowi: Dibandingkan Kematian Rata-rata Dunia, Kita Masih Lebih Tinggi
Jokowi Perintahkan Rencana Vaksinasi COVID-19 Rampung dalam 2 Pekan
Gempa M 5,3 Guncang Sumba Barat NTT, Terasa hingga Denpasar dan Mataram
10 Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Tarakan
DKI Jakarta Jadi Penyumbang Terbanyak Pasien Sembuh COVID-19

Waspada Rumah 'Rontok' karena Gempa? Cek Yuk Premi Asuransinya

Headline
Waspada Rumah 'Rontok' karena Gempa? Cek Yuk Premi Asuransinya Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Indonesia menjadi salah negara digaris lempengan yang berpotensi terkena gempa. Masalahnya, gempa tak bisa diprediksi secara tepat kapan akan menyerang daerah anda.

Tak hanya mengancam nyawa, gempa juga tentunya mengancam secara finansinal entah itu kendaraan hingga tempat tinggal.

Jika sebelumnya, Pantau.com memastikan bahwa kendaraan yang terdampak bencana bisa mendapatkan klaim asuransi dengan catatan, maka sama halnya dengan asuransi rumah.

Dari beberapa asuransi yang dicari, rupanya ada banyak jasa asuransi yang menawarkan polis lengkap dengan kerusakan karena bencana gempa. Dari hitungan-hitungan, untuk rumah yang ada di Jawa Barat tepatnya di Bandung ada 9 asuransi yang menawarkan jasa asuransi rumah. 

Baca juga: Berapa Banyak Pemerintah Tanggung Kerusakan Rumah Warga yang Terdampak Gempa?

Dari sembilan jasa asuransi, ada 2 yang menawarkan polis gempa bumi, tetapi tidak memberikan polis untuk rumah terdampak banjir. Salah satunya yakni asuransi China Taiping, yang menawarkan polis dari kebakaran, perabot rumah tangga, gempa bumi dan kerusuhan. 

Premi yang ditawarkan yakni Rp2.492.500 per tahun. Adapun syarat-syaratnya yakni asuransi ini hanya berlaku untuk rumah tinggal yang ada di seluruh Indonesia. Sedangkan jumlah pertanggungan maksimalnya yakni Rp.5.000.000.000.000.

Asuransi lainnya Aswata Asuransi Terpercaya, lebih detail yakni untuk Bangunan Konstruksi Kelas 1 (dinding, lantai dan semua komponen penunjang strukturalnya serta penutup atap terbuat seluruhnya dan sepenuhnya dari bahan-bahan yang tidak mudah terbakar). Harga pertanggungan maksimal Rp5 miliar untuk lokasinya yakni semua di wilayah Indonesia. Premi yang wajib dibayarkan yakni Rp2.617.000.

Baca juga: Terkena Gempa, Kerusakan Kendaraan Bisa Klaim Asuransi?

Sedangkan tujuh Asuransi lainnya yang komplit menanggung klaim bencana, dari banjir hingga gempa bumi, rata-rata preminya Rp3 juta lebih. Seperti asurani BRINS General Insurance, yakni premi Rp3.391.000.

Adapun yang lebih murah yakni asuransi dari Victoria Insurance yakni Rp2.828.000 per tahun, Syaratnya yakni bangunan digunakan sebagai rumah tinggal, ruko dan kantor/apartemen. Kemudian maksimal hargapertanggungan Rp.100.000.000.000.

Lebih lanjut, konstruksi rumah terbuat dari beton atau baja dan bukan konstruksi kayu (Kelas 1 A) bangunan kantor tidak lebih dari 6 lantai termasuk basement, bangunan rumah tinggal tidak boleh lebih dari 3 lantai. Tidak digunakan sebagai bar, night club, billiard, diskotik, amusement center, panti pijat, dan sejenis home industri.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: