Wow, Kebijakan Visa Gratis Mulai Perlihatkan Hasil

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Pantau.com/Ratih Prastika)Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com Kementerian Pariwisata mencatat sektor pariwisata Indonesia tumbuh 22 persen pada tahun lalu. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia tersebut jauh lebih tinggi dari pertumbuhan pariwisata global yang hanya sebesar 6,4 persen.

“ASEAN cuma (tumbuh) 7 persen, dunia hanya tumbuh 6,4 persen. Begitu kita memberikan bebas visa, (pariwisata) tumbuhnya 20 persen atau tiga kali lipat dibandingkan pasar regional maupun global tahun 2017,” ujar Arief Yahya, Kamis (1/2/2018).

Ia menjelaskan, pertumbuhan pariwisata terbesar didorong dari wisatawan asing menyusul lahirnya kebijakan kemudahan visa gratis untuk 169 negara. “Sebelumnya (wisatawan) sangat sulit masuk Indonesia karena yang bisa free hanya 15 negara. Sekarang sudah 169 negara,” kata Arief. 

Untuk mengejar target pertumbuhan wisatawan mancanegara, Kementerian Pariwisata mengaku terus mempromosikan destinasi unggulan. Baik yang sudah jadi maupun yang baru populer.

“Kita mempromosikan destinasi yang sudah siap seperti Bali, Jakarta, Kepri. Kedua membangun destinasi baru yang populer baru, mulai dari danau Toba sampai dengan Morotai,” ucap Arief.

Baca juga: Penjual Atribut Kampanye Pasar Senen Terima Orderan Hingga Luar Negeri

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti