Wow! LRT Bakal Uji Coba Lho di Palembang, Penasaran?

Proyek pembangunan LRT di Jakarta. (Pantau.com/Fery Heryadi)Proyek pembangunan LRT di Jakarta. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Proyek pembangunan kereta api ringan atau LRT Palembang yang kini pengerjaannya hampir rampung akan diujicoba bulan depan. Kabid Perketeraapian Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Afrian Joni mengatakan, uji coba dilakukan sebelum dioperasikan pada Asian Games XVIII di Palembang pada 18 Agustus 2018.

“Mudah-mudahan pada Maret 2018 akan mulai uji coba sebagai sarana transportasi massal tersebut,” ujar Afrian, Kamis (5/2/2018).

Saat ini, lanjutnya, pengerjaan LRT tersebut telah sesuai tahapan dan tidak mengalami hambatan yang berarti, kata dia. Diyakini, setelah LRT resmi beroperasi mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di Palembang. Soal tarifnya, ia mengatakan bakal ada pemberian subsidi.

“Kemungkinan besaran (tarif) sekitar Rp5.000 karena masih disubsidi,” ujar Afrian.

Sementara itu mengutip Antara, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Palembang, Agus Supriyanto mengatakan dengan adanya pengoperasian LRT akan ada beberapa perubahan jalur transportasi. Nantinya sistem transportasi dibuat terintegrasi.

Ia mencontohkan, seperti Bus Transmusi nantinya juga akan mengangkut penumpang pada stasiun kereta api ringan tersebut. Begitu juga angkutan kota akan ada perubahan saat Asian Games 2018, ujar dia.

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti