Wow, Pebisnis Indonesia Disebut Paling Optimis di Dunia

IlustrasiIlustrasi

Pantau.com  Organisasi global penyedia jasa audit, konsultasi pajak, dan advisory, Grant Thornton menyebutkan tingkat optimisme pelaku bisnis di Indonesia tertinggi di dunia, mencapai 100 persen. Hasil survei Grant Thornton mengungkapkan optimisme pelaku bisnis di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata pelaku bisnis di ASEAN dan Asia Pacific (APAC) yang keduanya berada di level 58 persen.

Hasil survei itu juga menyebutkan optimisme pelaku bisnis di Indonesia lantaran adanya peningkatan penjualan mencapai 72 persen. Keyakinan tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata pelaku bisnis ASEAN (58 persen) dan APAC (67 persen).

“Tiga faktor pendukung utama yang diyakini pelaku bisnis di Indonesia yaitu peningkatan secara konsisten jumlah kelas menengah, peningkatan kerjasama Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA, dan pengembangan infrastruktur lokal,” kata Head of Tax Grant Thornton Indonesia, Tommy David, Kamis (2/1/2018).

Selanjutnya disebutkan, tingkat optimisme di Tiongkok, Jepang, dan negara utama lain di Asia juga menjadi faktor pendorong eksternal tingginya optimisme di Indonesia.

Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani mengatakan, walaupun Indonesia cukup mencetak banyak data positif dibandingkan regional, namun perlu digarisbawahi jika beberapa potensi area pengembangan di mana Indonesia masih berada di bawah rata-rata kawasan. Khususnya, terkait peningkatan investasi di bidang riset dan pengembangan, serta peningkatan investasi di bidang teknologi.

“Pelaku bisnis di Indonesia diharapkan mampu menyikapi secara bijak berbagai data positif perekonomian Asia Pasifik dengan mengatur strategi perdagangan mereka sebaik-baiknya serta, melakukan review sedini mungkin atas kebutuhan area pengembangan yang menunjang industri mereka untuk menjaga tumbuhnya bisnis secara berkesinambungan,” papar Gani.

Tim Pantau