Wuih! Target Investasi BUMN Dibuat Melonjak

Headline
ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini melakukan investasi Rp600 triliun. Target tersebut, lebih tinggi dibandingkan target investasi oleh BUMN pada tahun lalu yang baru sekitar Rp450 triliun. “2019, (investasi BUMN) harus mendekati Rp800 triliun,” kata Ahmad Bambang, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN, Kamis (25/1/2018).

Bambang yang Mantan Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) melanjutkan, dari total target investasi BUMN tahun ini sebagian besarnya berasal dari BUMN sektor pertambangan, energi, dan infrastruktur. Nilai investasi dari tiga sektor BUMN dimaksud mencapai Rp170 triliun. 

Pemerintah berharap, kata Bambang, berharap dengan besarnya investasi yang dilakukan oleh BUMN akan mendukung pertumbuhan ekonomi. Target pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri tahun ini dipatok 5,4 persen. 

Investasi yang dilakukan BUMN, khususnya pada sektor infrastruktur dinilai dapat mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan demikian, pemerintah hakul yakin dapat lebih fokus mengalokasikan dana segar APBN untuk pembangunan sektor lainnya. 

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti
Penulis
Martina Prianti