Kapolri Tegas dan Tak Pandang Bulu Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Brigadir J

Headline
Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman. (Foto: Oji/Man via dpr.go.id)Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman. (Foto: Oji/Man via dpr.go.id)

Pantau – Komisi III DPR RI menyambut positif langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Diketahui dalam kasus ini, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami mengapresiasi Pak Kapolri, timsus dan jajaran yang telah bertindak tegas,” ujar anggota Komisi III DPR RI, Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, Kapolri dan jajarannya berani mengungkap kasus tanpa memandang status dan jabatan tertentu. Dengan kata lain, ketegasan Kapolri ini dinilai tidak pandang bulu.

“Kita melihat hukum ditegakkan tanpa pandang bulu. Tidak peduli jenderal bintang dua, kalau ada bukti permulaan yang cukup maka ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Habiburokhman.

Habiburokhman pun memaklumi proses hukum dalam kasus ini berjalan cukup alot. Ia menilai bahwa perlu ada kehati-hatian dalam membongkar kasus ini hingga terang benderang.

“Kami bisa memaklumi penetapan tersangka ini memerlukan waktu sedikit lebih lama, hal tersebut karena penyidik harus benar-benar hati-hati. Selanjutnya kepada para tersangka agar diberikan hak membela diri sesuai dengan KUHAP,” imbuhnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Hal ini disampaikannya pada konferensi pers di Bareskrim Polri.

“Timsus telah menetapkan FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan persnya.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono memimpin langsung pemeriksaan terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Termasuk pemeriksaan terhadap mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Timsus semunya hadir langsung dipimpin oleh Pak Wakapolri,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob, Senin (8/8/2022).

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino