Komnas HAM Terima Dokumen Baru Usai Pemeriksaan Ajudan dan ART Irjen Ferdy Sambo, Apa Isinya?

Headline
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. (Istimewa)Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. (Istimewa)

Pantau – Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyatakan pihaknya diperlihatkan satu dokumen dalam pemeriksaan ajudan atau aide de camp (ADC) dan Asisten Rumah Tangga (ART) di rumah Irjen Ferdy Sambo, Senin (1/8/2022).

“Jadi bukan hanya keterangan, tapi ada dokumennya. Nah, dokumen ini yang nantinya akan kita cek. Ini kan dokumen yang kita akan cek validitasnya apakah memang betul dokumen itu dan sebagainya. Karena ini penting bagi kami untuk melapis berbagai bukti dokumen yang sudah kita dapat,” ujar Anam dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Jakarta.

Terkait constraint waktu, kata Anam, akan semakin padat perihal kekayaan waktu serta keterangan yang diperoleh dari para saksi terperiksa.

“Tinggal bagaimana Komnas HAM menguji berbagai keterangan itu. Dokumen A akan kita uji, keterangan A juga akan kita uji. Semakin lama sudah semakin ketat,” lanjut Anam.

Diberitakan sebelumnya, Komnas HAM terus menggali informasi terkait kematian Brigadir Nopriansyah Josua Hutabarat di rumah dinas eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Komnas HAM akan panggil ART dan Petugas PCR.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan berencana memanggil sejumlah saksi lain dalam kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J.

“Asisten rumah tangga, sopir, dan orang-orang yang memang membantu Ferdy Sambo di rumahnya (akan diperiksa),” kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Jumat (29/7/2022).

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino