KPK Bantah Firli Bahuri Paksakan Anies jadi Tersangka Korupsi

Headline
Tangkapan layar-Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung KPKTangkapan layar-Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung KPK

Pantau – Beredar rumor Ketua KPK Firli Bahuri disebut memaksakan kehendak agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditetapkan sebagai tersangka. Rumor itu dibantah keras KPK.

“KPK menyayangkan adanya opini yang menyebut Pimpinan KPK memaksakan penanganan perkara Formula E ini, padahal gelar perkara dilakukan secara terbuka dan memberikan kesempatan semua pihak untuk menyampaikan pendapatnya,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Ali menjelaskan kasus hukum di KPK tidak bisa diatur sesuai keinginan pihak tertentu. KPK pasti menggelar ekspose atau gelar perkara dalam setiap penanganan perkara.

Dalam gelar perkara, dipaparkan hasil pengumpulan informasi oleh tim, untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pihak yang ikut dalam forum tersebut. Pembahasan dilakukan secara konstruktif dan terbuka dalam forum tersebut.

“Semua peserta ekspose punya kesempatan sama untuk menyampaikan analisis maupun pandangannya sehingga dengan sistem dan proses yang terbuka tersebut, penanganan perkara di KPK dipastikan tidak bisa diatur atau atas keinginan pihak-pihak tertentu saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Anies dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi terkait penyelenggaraan Formula E. Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan, belum sampai ke penyidikan.

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi
Penulis
Muhammad Rodhi