LPSK: Bharada E Tidak Lebih Jago Menembak Ketimbang Brigadir J

Headline
Bharada E tiba di Komnas HAM untuk jalani pemeriksaan (Foto: Tangkapan Layar)

Pantau – Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu menilai bahwa Bharada E alias Richard Eliezer tidak lebih mahir menembak ketimbang Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Data ini ia peroleh dari hasil penelusuran dan investigasi beberapa narasumber kompeten terkait tewasnya Brigadir J di tangan Bharada E.

“Informasi itu kami peroleh (Bharada E tak jago tembak). Artinya, kalau dibandingkan dengan Yoshua, Yoshua lebih jago tembak,” ujar dia, Jumat (5/8/2022).

Kendati begitu, Edwin menuturkan persoalan dalam kasus ini bukan tentang jago menembak atau tidak. Menurutnya, Bharada E memang lebih mempunyai kompetensi dalam memegang senjata api.

“Soal megang pistol kan bukan soal jago nembak, tetapi memenuhi (di antaranya) tes psikologi,” imbuhnya.

Edwin juga mengungkapkan keterangan Bharada E soal kejadian ‘tembak-menembak’. Edwin kemudian meminta agar diksi ‘tembak-menembak’ tidak digunakan sebelum terungkap kebenaran peristiwanya seperti apa.

“Ya, itu cerita E (ada tembak-menembak). Tapi apakah cerita itu, ini LPSK itu tidak mau masuk ke dalam peristiwanya. Kenapa? Karena yang diceritakan E juga belum tentu kebenaran, gitu. Yang disampaikan oleh E bahwa dia nembak, tetapi apakah benar dia nembak, kan kita belum tahu sebenarnya,” jelasnya.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino