Meski Dikabarkan Sakit Keras, KPK Harap Lukas Enembe Datangi KPK Senin Besok

Headline
Gubernur Papua Lukas Enembe (foto: Istimewa)

Pantau – Kondisi Gubernur Papua Lukas Enembe dikabarkan memburuk. Bahkan untuk sekadar berbicara dan berjalan saja, Lukas tidak bisa.

Pihak Lukas berharap diizinkan berobat ke luar negeri. KPK memberikan peluang terkait harapan Lukas.

Namun KPK berharap Lukas memenuhi panggilan kedua pada Senin (26/9/2022). KPK akan memastikan apakah Lukas layak diterbangkan ke luar negeri atau tidak untuk berobat.

“Adapun keinginan tersangka berobat ke Singapura, kami pertimbangkan. Namun tentu kami juga harus pastikan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tersangka lebih dahulu ketika dia sudah sampai di Jakarta,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu (24/9/2022).

Ali menegaskan, pihaknya juga memiliki tenaga medis yang akan memeriksa langsung kesehatan Lukas. Jika Lukas memang dinyatakan bermasalah secara kesehatan, KPK tak segan untuk memenuhi harapan Lukas.

“KPK sebelumnya beberapa kali memberikan kesempatan dan penyediaan fasilitas kesehatan bagi saksi maupun tersangka pada perkara-perkara lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, dokter pribadi Lukas, Anton Mote menyebut pasiennya mengalami stroke sejak 2015. Kondisi Lukas terus memburuk dan membutuhkan pengobatan di Singapura.

“Jadi kalau beliau mau ke sana, bukan karena lari dari persoalan, enggak. Berobat murni,” kata Anton kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi
Penulis
Muhammad Rodhi