Perempuan Diduga Pencuri Cokelat Alami Kleptomania? Begini Respons Keluarga Pengintimidasi Karyawan Alfamart

Headline
Karyawati Alfamart yang pergoki aksi pencurian cokelat malah diancam UU ITE dan disuruh minta maaf. (Tangkapan layar)Karyawati Alfamart yang pergoki aksi pencurian cokelat malah diancam UU ITE dan disuruh minta maaf. (Tangkapan layar)

Pantau – Perempuan terduga pencuri sejumlah cokelat di Alfamart Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang yang belakangan diketahui bernama Mariana disinyalir mengalami kleptomania oleh warganet setelah videonya viral di media sosial.

Melalui tim kuasa keluarga Mariana, Haji Amir mengungkapkan, pihak keluarga belum mengetahui jika memang Mariana mengalami kleptomania.

“Aku tidak tahu itu. Nanti aku selesai urusan kerjaan saya baru aku telpon lagi ya,” ujar Amir, Senin (15/8/2022).

Sebagai informasi, kleptomania adalah gangguan yang membuat penderitanya sulit menahan diri dari keinginan untuk mencuri. Penderita kleptomania kerap mencuri di tempat-tempat umum, dan biasanya tidak mereka butuhkan.

Kendati demikian, Amir enggan menjelaskan terkait perkara Mariana. Hal ini dikarenakan dirinya bukanlah pengacara, melainkan hanya sebatas orang yang diberi kuasa oleh keluarga Mariana yang mengintimidasi karyawan Alfamart ini.

“(Saya) bukan berbicara (sebagai) tim kuasa hukum maaf ya. Saya di sini hanya tim keluarga mau membantu memfasilitasi, itu aja. Selebihnya itu nanti tanya yang bersangkutan,” ungkap Amir.

Alfamart lapor polisi

Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel) AKBP Sarly Sollu menegaskan bahwa pihaknya akan menyelidiki kasus perempuan mengintimidasi karyawan Alfamart Sampora, Cisauk, Kabupaten Tangerang setelah kedapatan mengambil cokelat.

“Segera akan dilakukan penyelidikan. Pihak Alfamart melaporkan wanita bernama Mariana. Sedang buat laporan di Polres,” kata Sarly.

Sarly menyebut ada dua laporan polisi yang tengah dibuat pihak Alfamart. Satu laporan terkait dugaan pencurian dan pengancaman.

“Dari pelapor tadi akan membuat dua LP (laporan polisi). Satunya pencurian dan lainnya intimidasi,” terang Sarly.

Viral di media sosial

Diberitakan sebelumnya, viral video emak-emak mengendarai Mercy mencuri sejumlah cokelat di Alfamart.

“Viral! Emak-emak bergaya sosialita bermobil Mercy ini ketahuan mencuri banyak cokelat di minimarket,” tulis keterangan video yang diunggah akun Instagram @tante.rempong.official, Minggu (14/8/2022).

Dalam video tampak seorang ibu hendak masuk ke mobil namun ditahan karyawati Alfamart karena kedapatan mencuri sejumlah cokelat. Peristiwa itu pun direkam oleh sang karyawati.

Awalnya ibu-ibu ini menolak untuk turun, sampai akhirnya dia mengeluarkan batang cokelat dan mengembalikan ke karyawati tersebut.

Masih belum terima, karyawati itu meminta ibu-ibu itu turun untuk membayar cokelat-cokelat yang telah diambilnya. Si ibu bekulit putih dan berkacamata itu pun turun dan menuju kasir.

Belakangan, justru video permintaan maaf karyawati Alfamart bernama Amelia viral. Amelia diancam akan dijerat UU ITE oleh ibu-ibu yang kepergok mencuri cokelat itu.

Menurut akun @Mei2Namaku, ibu-ibu yang mencuri cokelat itu adalah bos konter handphone di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino