Polda Metro Selidiki AJB Sengketa Lahan Bripka Madih

Headline
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat memberikan keterangan pers di Mapolda Jatim di Surabaya beberapa waktu lalu. (ANTARA Jatim/Willy Irawan)Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat memberikan keterangan pers di Mapolda Jatim di Surabaya beberapa waktu lalu. (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Pantau – Polisi selidiki Akta Jual Beli (AJB) sengketa lahan Bripka Madih. Sebab, perlu memeriksa keabsahan dari setiap alas hak yang dimiliki masing-masing pihak

“Kemudian terkait dengan AJB yang telah dilakukan penyitaan juga telah dilakukan scientific untuk diuji di antaranya penyesuaian atau kesesuaian di uji terkait sidik jari,” kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (8/2/2023)

Diketahui, Polda Metro Jaya masih menyelidiki kasus sengketa lahan yang melibatkan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih. Polisi bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengusut kasus tersebut.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pihaknya melibatkan BPN untuk memeriksa alas hak atau pengajuan permohonan hak atas tanah dari pihak-pihak yang terlibat dalam sengketa.

“Pertama BPN, Camat, Lurah, tentu menjadi bagian daripada administratif. Karena bicara kepemilikan objek ada lahan, objek berarti bicara alas hak. Alas hak tentu Polri membutuhkan stakeholder untuk melihat risalah fakta hukum yang terjadi,” ujar Trunoyudo.

Trunoyudo menambahkan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya masih melengkapi bukti terkait kasus tersebut. Hal ini dilakukan sebagai transparansi dan membuat terang perkara yang ada. Kasus ini sendiri dilaporkan pada 2011. Selama perjalanan kasus itu sudah 16 saksi diperiksa dan sementara belum ditemukan adanya pidana terkait kasus yang dilaporkan orang tua Madih itu.

“Kasus ini berbicara administratif bicara kepemilikan lahan tentunya ini yang mendasari pada fakta hukum nanti kita akan uji apa yang menjadi alas hak masing-masing sehingga semua menjadi terang,” pungkasnya.

Tim Pantau
Penulis
Ahmad Ryansyah