Pantau Flash
Kemenparekraf Peringkat Pertama Anugerah KIP Kategori Menuju Informatif
Mentan SYL Resmikan Penggilingan Padi dan Salurkan Bantuan di Bulukumba
COVID-19 RI Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Naik 6.267 dengan Total 534.266
Polisi Bakal Panggil Pihak RS Ummi Diduga Halangi Satgas Soal Swab HRS
Survei SMRC: Mayoritas Publik Tak Mau Tunda Pilkada 2020

Infografis Bukti Manusia Pernah dan Masih Berevolusi hingga Kini

Infografis Bukti Manusia Pernah dan Masih Berevolusi hingga Kini Ilustrasi evolusi manusia (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Evolusi adalah salah satu teori yang beberapa tahun terakhir ini kerap ramai diperbincangkan lantaran kontroversi atau kebenarannya yang masih dipertanyakan. Pasalnya tak sedikit manusia yang skeptis dengan teori-teori evolusi seperti salah satunya teori Charles Darwin.

Mempercayai teori Darwin yang menyebut manusia berasal dari kera memang sepertinya sulit untuk dicerna melalui logika. Namun, evolusi sendiri memang sebenarnya dialami manusia bahkan sampai saat ini.

Baca Juga: Soal Apa yang Dilakukan Biologi Molekuler Eijkman, Menristek Ungkap 1 Fakta

Melansir dari laman sciencemag.org, banyak orang mengira evolusi membutuhkan ribuan atau jutaan tahun, tetapi ahli biologi ternyata bisa mengetahui evolusi manusia itu bisa terjadi dengan cepat.

Berkat revolusi genomik, para peneliti sebenarnya dapat melacak perubahan genetik tingkat populasi yang menandai aksi evolusi. Dari dua studi yang dipresentasikan pada pertemuan Biology of Genomes pada 2016 lalu, menunjukkan bagaimana genom manusia telah berubah selama berabad-abad atau dekade.

Lalu apa bukti yang selama ini sudah ditemukan ahli atau peneliti bahwa manusia telah atau masih mengalami evolusi? Selengkapnya mari simak infografis berikut ini.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Category
Infografis

Berita Terkait: