Pantau Flash
Trump Berharap Seluruh Warga AS Disuntik Vaksin COVID-19 April 2021
Giannis Antetokounmpo MVP NBA 2020, Kalahkan King James dan Harden
Depok Berikan Kelonggaran Terhadap Aktivitas Warga 2 Pekan ke Depan
Rektor IPB Positif COVID-19 Tanpa Tunjukkan Gejala
Tambahan Kasus Harian COVID-19 RI Rekor Lagi, 4.168 Dinyatakan Positif

Infografis Menyoal Logo HUT RI Mirip Salib dengan Fenomena Pareidolia

Headline
Infografis Menyoal Logo HUT RI Mirip Salib dengan Fenomena Pareidolia Logo HUT RI ke-75 yang disebut mirip bentuk salib (Foto: Kemensesneg)

Pantau.com - Setiap tahunnya, Kementerian Sekretariat Negera (Kemensesneg) rutin merilis logo Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) untuk digunakan sebagai properti atau teman kemerdekaan di masyarakat.

Tahun ini, logo HUT RI ke-75 secara keseluruhan terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini memiliki makna Indonesia sebagai negara yang mampu mengokohkan diri dalam hal kedaulatan dan menjaga persatuan serta kesatuan Indonesia.

Baca Juga: Kominfo Siapkan 17.845 Tempat Upacara Virtual HUT RI ke-75

Namun, supergraphic atau elemen grafis yang menghiasi logo HUT RI ke-75 itu dipermasalahkan sebuah organisasi masyarakat (ormas) di kota Solo, Jawa Tengah karena dinilai menyerupai bentuk salib. Dalan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75, dijelaskan bahwa supergraphic yang disebut menyerupai bentuk salib itu adalah bentuk pecahan dari angka 75 pada logo HUT RI yang didekonstruksi menjadi 10 bagian.

Menyoal bentuk menyerupai salib tersebut, dalam dunia desain bisa saja karena disebabkan ilusi visual yang menimbulkan persepsi berbeda. Sementara dari segi kesehatan, hal itu bisa saja disebut sebagai fenomena pareidolia. Apa itu?

Untuk selengkapnya mari simak infografis berikut ini.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Category
Infografis

Berita Terkait: