Pantau Flash
Megawati Akan Umumkan Langsung 50 Pasangan Bakal Cakada 19 Februari 2020
RUU Cipta Kerja Belum Final, Menaker: Ruang Dialog Selalu Terbuka
Menkeu Ancam Akan Tarik Injeksi Modal Rp13 Triliun BPJS Kesehatan
Simeone: Liverpool Bakal Cetak Sejarah
PSSI Bakal ke Bali Pastikan Kesiapan Venue Piala Dunia

5 Cerita Urban Legend di Dunia yang Ternyata Kisah Nyata!

5 Cerita Urban Legend di Dunia yang Ternyata Kisah Nyata! Ilustrasi Bunny Man. (Foto: Stock Connection/Shutterstock)

Pantau.com - Urban legend merupakan mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Urban legend biasanya berkaitan dengan misteri, horror dan ketakutan.

Urban legend biasanya dikenal hanya sebuah cerita, namun beberapa dari itu merupakan kisah nyata. Berikut 5 urban legend dari berbagai dunia yang terbukti nyata dikutip dari rd.com.

1. Terowongan Puebla

Terowongan Puebla. (Foto: Joel Merino/Shutterstock)

Masyarakat Kota Puebla, yang terletak di Tenggara Meksiko, mempunyai cerita rakyat tentang misteri terowongan tersembunyi di bawah kota tersebut. Selama ratusan tahun, tak ada terowongan yang pernah ditemukan, sehingga sebagian orang beranggapan bahwa itu adalah urban legend.

Baca juga: Kisah Nyata Misteri Dusun Legetang, Hilang Sekejap bak Desa Sodom Gamorah

Tetapi, pada 2015, pekerja konstruksi menemukan sebuah terowongan yang nyata di bawah kota itu. Pekerja konstruksi kemudian mulai menggali terowongan tersebut dan akhirnya menemukan sekitar enam mil terowongan di bawah jalan Puebla.

Terowongan, yang diyakini telah dibangun dari abad ke-16 telah dibuka sebagai objek wisata saat ini. 

2. Alice Killings

Ilustrasi kartu. (Foto: Black Salmon/Shutterstock)

Kisah Alice Killings adalah salah satu legenda perkotaan Jepang yang paling terkenal. Legenda ini berkisah tentang serangkaian pembunuhan yang diduga terjadi antara 1999 dan 2005.

Para korban tidak memiliki hubungan satu sama lain, tetapi mereka memiliki kesamaan yakni disetiap jasad korban ditemukan kata Alice yang ditulis dengan darah. Untuk sebuah legenda urban yang tidak berdasar, spesifik pembunuhan ini sangat konsisten, sampai ke nama (dan rincian mengerikan) dari korban pembunuhan. 

Namun, tidak ada bukti bahwa pembunuhan ini terjadi sama sekali, dan apakah mereka melakukan atau tidak telah menjadi perdebatan. Kenyataannya adalah terdapat pembunuh berantai dengan ciri khas kartu, namun itu terjadi di Spanyol bukan Jepang. Pelaku pembunuhan itu ditangkap pada 2003 dan telah dijatuhi hukuman 142 tahun penjara.

3. Charlie No-Face

Terowongan kereta yang tak terpakai di Pennsylvania. (Foto: Vladimir Mulder/Shutterstock)

Legenda perkotaan abad ke 20 ini menghantui masyarakat Pittsburgh, Pennsylvania. Disebutkan bahwa terdapat sosok dengan wajah terbakar yang tinggal di sekitar terowongan kereta yang tidak digunakan lagi, dan telah membuat listrik padam degan kedatangannya.

Sekelompok remaja yang penasaran kemudian menyelinap masuk ke terowongan itu. Ternyata, Charlie No-Face sebenarnya benar merupakan seorang dengan wajah terbakar, namun namanya bukanlah Charlie.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Paling Angker di Indonesia, Ada yang Dijuluki Ghost Palace

Adalah Raymond Robinson, seorang pria yang telah mengalami kecelakaan akibat kerusakan listrik yang membuat wajahnya terbakar. Karena hal tersebut, ia hanya menjalani aktivitas saat malam hari. Pada kenyataannya, ia tak berniat menghantui penduduk. Ia juga disebutkan sebagai orang yang ramah saat bertemu dengan sekelompok remaja tersebut.

4. Bunny Man

Ilustrasi Bunny Man. (Foto: Stock Connection/Shutterstock)

Legenda yang tidak berdasar berpendapat bahwa, pada tahun 1904, sebuah bus mengalami kecelakaan saat mentransfer pasien dari suaka di Fairfax County, Virginia. Para pasien lolos kecuali satu akhirnya ditangkap kembali. Tak lama setelah kecelakaan bus itu, kelinci mati dengan keadaan digantung mulai muncul di sekitar daerah itu dari Fairfax Station Bridge.

Tapi tak satu pun terbukti benar, dan sejarawan mengklaim bahwa sebenarnya tidak ada rumah sakit jiwa di Fairfax County pada 1904. Kenyataannya adalah bahwa 1970, sebuah insiden terjadi di wilayah tersebut yang melibatkan seorang pria dengan kostum kelinci.

Pasangan muda sedang melakukan perjalanan malam hari ketika seorang pria berpakaian kelinci putih melemparkan sebuah kapak di mobil keduanya. Hanya dua minggu kemudian, Fairfax County  menemukan seorang laki-laki memegang kapak di dengan pakaian kelinci di sebuah rumah yang tak ditempati. Dia pergi pada saat polisi tiba. 

Nyatanya, Bunny Man tidak pernah ditangkap, dan Fairfax Station Bridge telah berganti nama menjadi Bunny Man Bridge. Nama ini sangat populer bahkan Google Maps menggunakannya.

5. Le Loyon

Ilustrasi masker gas. (Foto: Dedmityay/Shutterstock)

Baru-baru ini, rakyat Swiss bercerita tentang sosok misterius yang berjalan melalui hutan Maules memakai pakaian kamuflase dan masker gas. Selama sepuluh tahun, tidak ada bukti bahwa sosok ini ada; hanya beberapa catatan saksi mata.

Menurut sejumlah saksi mata, sosok tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda yang berbahaya. Tanpa bukti nyata, keberadaan sosok itu menjadi cerita rakyat Swiss.

Penduduk mulai memanggilnya "hantu Maules" atau "Le Loyon." Pada 2013, keberadaannya terbukti ketika seorang pejalan kaki memotret sosok Le Loyon. Beberapa bulan kemudian, masker gas dan mantel kamuflase itu muncul di hutan, bersama dengan catatan misterius yang mengisyaratkan bahwa ia tidak berbahaya dan tidak bisa lagi dipandang sebagai monster.

Sampai saat ini belum diketahui apakah sosok Le Loyon bunuh diri atau hanya meninggalkan pakaiannya dan menjalani kehidupan baru.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: