Pantau Flash
BPPT Bakal Evaluasi Operasi Rekayasa Cuaca di Jabodetabek
Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Capai 1.334.634 per 28 Februari
Anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar Meninggal Dunia
Menkes Tegaskan Vaksin Mandiri Harus Gratis, Biaya Ditanggung Perusahaan
Listrik di Wilayah Terdampak Banjir Jabar Sudah Pulih 100 Persen

5 Lokasi Dunia yang Dijuluki Kota Hantu, Berani Datang?

5 Lokasi Dunia yang Dijuluki Kota Hantu, Berani Datang? Isla De Las Munecas. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Sejumlah tempat di dunia ini menyimpan sejarah kelam yang tak dapat dilupakan sepanjang sejarah. Kelamnya sejarah yang melekat membuat tempat tersebut menjadi kota hantu tanpa penghuni. 

Meski begitu, ternyata masih ada juga yang bernyali untuk mengunjungi kota hantu ini. Berikut deretan kota di dunia yang dijuluki kota hantu dengan cerita dibaliknya yang dirangkum Pantau.com.

1. Pripyat, Ukraina


Kota Pripyat di Ukraina. (Foto: AP)

Kota di Ukraina ini terletak dekat situs Chernobyl 1986. Diredam oleh radiasi nuklir berbahaya, Chernobyl terputus dari seluruh dunia dan dibiarkan membusuk selama puluhan tahun. Kota terdekat, Pripyat, yang juga terkena dampak memaksa semua penghuni harus dievakuasi. 

Beberapa orang kini telah mengunjungi kota itu bersama dengan tingkat radiasi yang menurun, namun dampak radiasi masih menjadi masalah untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Sosok Ini Dicap sebagai Pengkhianat Paling Mengerikan dalam Sejarah Dunia

2. Oradour-sur-Glane, Perancis


Oradour-sur-Glane. (Foto: AP)

Sisa-sisa bangunan di sebuah desa di Perancis ini menjadi bukti bisu semua tindakan kejam yang telah dilakukan oleh anggota Nazi SS selama Perang Dunia II. Pada 10 Juni 1944, tentara Jerman membunuh hampir semua orang yang terlihat di desa itu.

Lebih dari 600 orang ditembak mati, termasuk para perempuan serta anak-anak yang dibakar hidup-hidup dalam sebuah gereja lokal. Kota ini sengaja dibiarkan oleh pemerintah Perancis, yang menjadi bagian dari sejarah.

3. Isla De Las Munecas, Meksiko


Isla De Las Munecas. (Foto: Shutterstock)

The Island of the Dolls di Meksiko tampak seperti tempat berhantu yang ada dalam film-film horror. Berlokasi di Danau Teshuilo, pulau ini menjadi rumah bagian ratusan boneka yang membusuk, yang dilakukan oleh seorang pria bernama Don Julian Santana.

Konon katanya, Santana menutupi pulau itu dengan boneka yang menggantung untuk menghormati seroang gadis yang diduga telah tenggelam di danau tersebut. Pada 2001, Santana dilaporkan tenggelam di danau itu sendiri.

Baca juga: The Power of Mother Nature Ini Telah Mengubah Deretan Sejarah Dunia

4. Bodie, California


Bodie, California. (Foto: Shutterstock)

Bodie merupakan satu kota liar yang terletak di barat California. Puluhan warung minum berada di kota yang dihuni oleh para penambang, perampok, dan pelacur. Kota ini awalnya menjadi kota yang berkembang pesat, meskipun telah dilanda kebakaran pabrik selama dua kali. 

Setelah itu, bisnis dihentikan dan memaksa orang-orang untuk meninggalkan Bodei, dan menjadikannya salag satu kota hantu terkenal di Amerika.

5. Salisbury Plain, Wiltshire, Inggris


Salisbury Plain, Wiltshire. (Foto: Shutterstock)

Wilayah Salisbury Plain meliputi beberapa kota yang digunakan sebagai zona pelatihan pertahanan militer selama Perang Dunia II.

Penduduk desa di sana dievakuasi dan tidak diizinkan kembali ke wilayah tersebut. Namun, sekarang Anda dapat mengunjungi kota hantu Imber dan Copenhill Down di Salisbury Plain sebagai tempat wisata.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW