Pantau Flash
Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Jakarta untuk ke-4 Kalinya
Seluruh Peserta Sidang Tahunan MPR RI Wajib Melakukan Swab Test
Kadisparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia Tutup Usia
Subsidi Bunga KUR 6 Persen Diperpanjang hingga Desember 2020
Kantor Pusat BMKG Lockdown Usai 31 Karyawan Reaktif COVID-19

5 Menteri Termuda di Dunia yang Jadi Sorotan Publik, Ada yang 22 tahun

5 Menteri Termuda di Dunia yang Jadi Sorotan Publik, Ada yang 22 tahun Shamma bint Suhail bin Faris Al Mazruni. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden RI Joko Widodo dikabarkan telah memilih nama-nama yang akan duduk sebagai menteri di kabinet jilid II. Jokowi juga mengungkapkan dirinya sudah memilih menteri berusia muda untuk masuk dalam pemerintahannya.

Pemilihan menteri muda oleh kepala negara sebenarnya bukanlah hal yang baru. Di sejumlah negara seperti Malaysia dan Arab Saudi sudah lebih dulu melakukan terobosan untuk memilih menteri muda.

Berikut 5 menteri muda di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Miris, Ini 5 Kota Tempat Si Kaya dan Si Miskin Hidup Berdampingan

1. Shamma 

Shamma bint Suhail bin Faris Al Mazruni. (Foto: Reuters)

Shamma bint Suhail bin Faris Al Mazruni asal Uni Emirat Arab (UEA) sempat menjadi perbincangan publik karena telah mengemban jabatan sebagai menteri di usia mudanya. Ketika usianya baru menginjak 22 tahun, Shamma dilantik menjadi seorang Menteri di bidang Urusan Pemuda. Ia diberi tanggung jawab untuk mempresentasikan isu pemuda juga aspirasi di Dewan Menteri serta pengembangan untuk meningkatkan kemampuan pemuda.

Mencuri perhatian dengan kharisma dan kecerdasan yang ia miliki, Shamma juga meraih Guinness Book of World Records pada 2018 sebagai menteri termuda di dunia. 

2. Syed Saddiq

Syed Saddiq. (Foto: The Sun Daily)

Syed Saddiq yang memiliki paras rupawan resmi dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga di Malaysia saat dirinya berusia 25 tahun. Ia tercatat sebagai menteri termuda dalam sejarah Malaysia.

Tidak hanya itu, lulusan dari Internasional Islamic University Malaysia dengan jurusan hukum ini juga dinobatkan sebagai menteri kabinet termuda di Asia.

3. Sebastian Kurz 

Sebastian Kurz. (Foto: Reuters)

Sebastian Kurz merupakan pemimpin dari Partai Rakyat Konservatif Austria yang menjabat sebagai Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi sejak tahun 2013. Ia diangkat sebagai Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi saat usia 27 tahun.

Sebastian juga menjadi pemimpin termuda yang pernah dimiliki Austria.

Baca juga: 5 Negara Paling Damai dan Aman di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya?

4. Simmon Haris

Simon Harris. (Foto: ABC)

Simon Harris dipercaya untuk menjadi Menteri Kesehatan Irlandia daat dirinya berusia 29 tahun. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach serta bertanggung jawab khusus untuk pengadaan umum, dan perbankan internasional. 

5. Mohammed bin Salman

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto: Reuters/Sergio Moraes)

Raja Salman menunjuk Mohammad bin Salman sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi pada 23 Januari 2015 atau saat dia berusia 30 tahun. Ia menjadi anggota termuda dalam kabinet pemerintahan ayahnya.

Mohammad bin Salman memegang gelar sarjana hukum dari Universitas Raja Saud di Riyadh. Dia telah memegang banyak posisi selama 10 tahun karir publiknya, termasuk menjadi menteri termuda di Arab Saudi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: