Pantau Flash
Pemerintah Optimistis Investasi Listrik Meningkat 39 Miliar Dolar
Erick Thohir Berencana Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia
BI Targetkan Pertumbuhan Kredit 2020 di Kisaran 9-11 Persen
11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Akan Rampung di 2020
Gilas Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

9 Nama Kode Rahasia Presiden Amerika Serikat, Siapa Saja Ya?

Headline
9 Nama Kode Rahasia Presiden Amerika Serikat, Siapa Saja Ya? Presiden Barack Obama. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat, sang presiden tentu berada dalam pengawasan dan penjagaan ketat Secret Service. Untuk melindungi kepala negaranya, setiap presiden memiliki kode layanan rahasia untuk diri mereka masing-masing.

Kode layanan rahasia ini tak hanya didapat oleh presiden, namun juga keluarga intinya seperti istri dan juga anaknya. Melansir dari laman Reader's Digest, berikut beberapa nama kode rahasia yang diberikan untuk Presiden Amerika Serikat.

Baca juga: 6 Fakta Tentang Area 51, Instalasi Militer AS yang Ditutupi dari Publik

1. Rawhide

Presiden Ronald Reagan. (Shutterstock)

Nama kode Dinas Rahasia ini adalah milik Presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan. Nama kode itu adalah hasil dari kecintaannya pada peternakan dan penampilannya sebagai aktor di banyak negara Barat sebelum ia terlibat dalam politik. 

2. Lancer

Presiden John F. Kennedy. (Shutterstock)

Lancer adalah nama kode Dinas Rahasia untuk Presiden John F. Kennedy. Pemerintahannya sering dikaitkan dengan legenda Arthurian Camelot yang romantis, di mana Lancelot adalah seorang kesatria terkenal.

3. Volunteer

Presiden Lyndon B. Johnson. (Shutterstock)

Volunteer adalah nama kode untuk Presiden Lyndon B. Johnson. Tidak ada yang tahu asal usulnya, tetapi itu tidak terlalu tepat mengingat dia tidak secara sukarela menjadi presiden setelah pembunuhan Kennedy.

4. Deacon

Presiden Jimmy Carter. (Shutterstock)

Nama kode Dinas Rahasia ini sangat cocok untuk Presiden Jimmy Carter karena dia sangat religius dan anggota aktif gereja Baptis. Setelah masa kepresidenannya, dia melanjutkan untuk mengajar sekolah Minggu.

5. Eagle

Presiden Bill Clinton. (Shutterstock)

Eagle adalah nama kode untuk mantan presiden Bill Clinton. Ketika dia bersiap-siap untuk menjabat, Secret Service menugaskan semua orang di keluarganya sebuah nama kode yang dimulai dengan huruf E. Mantan ibu negara Hillary Clinton diberi nama Evergreen.

Baca juga: 8 Fakta Menarik dari FBI, Biro Investigasi Kebanggaan AS

6. Searchlight

Presiden Richard Nixon. (Shutterstock)

Ironisnya nama kode ini milik Presiden Richard Nixon. Nixon meninggalkan kantor setelah mencoba menutupi Skandal Watergate. Perilaku inkonstitusionalnya benar-benar menempatkannya dalam "sorotan" dan akhirnya menyebabkan pengunduran dirinya.

7. Timberwolf

Presiden George H.W. Bush. (Shutterstock)

Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa George H.W. Bush diberi nama kode yang membuatnya terdengar seperti karakter dalam film aksi Marvel. Istrinya, Barbara, diberi nama kode Tranquility, sangat bertolak belakang dengan Timberwolf.

8. Trailblazer

Presiden George W. Bush. (Shutterstock)

Bush berikutnya yang memasuki Gedung Putih, George W. Bush, memiliki nama kode Trailblazer. Saat dia menjadi putra seorang presiden, dia diberi nama Tumbler.

9. Renegade

Presiden Barack Obama. (Shutterstock)

Barack Obama memilih nama kode ini setelah Secret Service memberinya daftar nama yang dimulai dengan R yang bisa ia pilih. Michelle, Malia, dan Sasha Obama juga memiliki nama kode yang dimulai dengan huruf R: Michelle adalah Renaissance, Malia adalah Radiance, dan Sasha adalah Rosebud.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: