Pantau Flash
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama

92 Orang Tewas Akibat Jatuhnya Pesawat di Pakistan

92 Orang Tewas Akibat Jatuhnya Pesawat di Pakistan Petugas berkumpul di lokasi kecelakaan pesawat penumpang di area perumahan dekat bandara di Karachi, Pakistan. (Foto: Reuters via Twitter)

Pantau.com - Setidaknya 92 orang tewas dalam insiden jatuhnya pesawat Airbus A320 di wilayah perumahan di Kota Karachi, Pakistan Selatan, pada Jumat, 22 Mei 2020.

Dilansir Al Jazeera, Sabtu (23/5/2020), dua orang penumpang dari pesawat Pakistan International Airlines (PIA) selamat dari kecelakaan. Pesawat dengan penerbangan PK-8303 diketahui lepas landas dari kota timur Lahore pada Jumat, 22 Mei 2020. Menurut manifes penumpang, setidaknya ada 91 penumpang di dalam pesawat nahas tersebut.

Juru bicara kementerian keseharan Meeran Yousuf mengatakan kepada Al Jazeera, bahwa 92 orang telah tewas, dengan 60 jasad telah dievakuasi dan dibawa ke Pusat Medis Pascasarjana Jinnah, rumah sakit pemerintah terbesar di Karachi. Sementara itu, 32 berada di Rumah Sakit Sipil Karachi.

Baca juga: Pesawat dengan 100 Penumpang Jatuh di Karachi Pakistan

Yousuf mengatakan, kedua penyitas telah dirawat di rumah sakit, sementara 19 jasad telah berhasil diidentifikasi sejauh ini. Sementara itu, sejumlah orang yang berada di wilayah perumahan yang menjadi lokasi kecelakaan di Model Colony, yang berdekatan dengan bandara, telah dirawat di rumah sakit.

"Pesawat kami (sebuah Airbus A320) yang datang dari Lahore ke Karachi sedang dalam pendekatan akhir," kata kepala PIA Arshad Malik dalam pesan video yang dirilis setelah kecelakaan itu.

"Kata-kata terakhir yang kami dengar dari pilot kami adalah ada masalah teknis dan ia diberitahu di saat-saat terakhir bahwa ia memiliki landasan pacu yang tersedia untuk mendarat. Tetapi pilot memutuskan berkeliling."

Pesawat kemudian dengan cepat kehilangan ketinggian dan menabrak landasan pacu ke lingkungan Model Colony, kata saksi mata kepada media setempat. Gumpalan asap hitam mengepul di atas rumah-rumah di jalanan sempit perumahan tersebut. Sejumlah tayangan televisi memperlihatkan beberapa rumah hancur akibat tumbukan pesawat.

Baca juga: Lebih dari 600 Gadis Pakistan Dijual untuk Pria di China

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi